Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden M. Jusuf Kalla menghadiri pembukaan KTT ASEM (Asia-Europe Meeting) ke-12 di Gedung Europese Commission Building, Brussels, Belgia, Kamis, waktu setempat.

Wapres Jusuf Kalla menghadiri pembukaan Asia Eropa Meeting (ASEM) Summit ke 12 di Gedung Europe, Brussels Belgia, Kamis (18/10). (18/10/2018) (Setwapres)
 
Wapres JK tiba di round table bersama para pemimpin negara-negara Asia-Eropa kemudian duduk bersebelahan dengan pemimpin delegasi negara India dan Irlandia. Ketiganya sempat bersalaman dan berbincang.

Wapres JK juga berbincang dan bersalaman dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Kedua pemimpin delegasi itu terlihat akrab berbincang. Nampak official dari Jepang mencatat apa yang mereka perbincangkan. 

Wapres JK dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada PM Shinzo Abe yang telah membantu Indonesia saat terjadi bencana alam dan membicarakan sesuatu dengan santai sebagaimana dua sahabat bertemu, demikian keterangan pers juru bicara Wakil Presiden Husain Abdullah.

Sebelumnya Wapres JK menghadiri dua pertemuan bilateral yakni yang pertama dengan Wakil Presiden 1 dan Komisioner Komisi Eropa Frans Timmermans dan selanjutnya Perdana Menteri Yunani Aléxis Tsípras.

KTT ASEM ke-12 mengangkat tema “Europe and Asia: Global Partners for Global Challenges”. Pemimpin ASEM akan membahas berbagai isu, antara lain: perdagangan dan investasi, konektivitas, pembangunan berkelanjutan dan iklim serta tantangan keamanan meliputi isu terorisme, non-proliferasi, keamanan siber dan migrasi.

Baca juga: Jusuf Kalla kunjungan kerja ke Brussel
 Baca juga: Wapres: semua pihak harus hormati putusan

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018