RuWang untuk meningkatkan daya saing warung tradisional

id RuWang OK OCE

RuWang untuk meningkatkan daya saing warung tradisional

Gerai OK OCE Mart di kawasan Cikajang, Jakarta, Selasa (15/5/2018). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta (ANTARA News) - Rumah Warung (RuWang) merupakan salah satu terobosan dari OK OCE yang diarahkan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. 

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali saat meresmikan RuWang pertama di Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Sawo RW 02 Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, menjelaskan, RuWang merupakan wadah berwirausaha yang digagas melalui OK OCE (Satu Kecamatan, Satu Pusat Kewirausahaan) bersama Koperasi Pasar Syariah Indonesia. 

Wadah yang merupakan bagian dari Program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu ditujukan untuk meningkatkan sektor ekonomi mikro, kecil dan menengah, khususnya di wilayah Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru. 

Ketua Umum OK OCE Indonesia Faransyah Agung Jaya menerangkan RuWang merupakan modifikasi dari warung tradisional menjadi tempat belanja berkonsep retail modern.

Ruwang didesain dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini. 

"RuWang didirikan untuk mengurangi pengangguran, meningkatkan keterampilan wirausaha, menciptakan wirausahawan baru dan meningkatkan selain untuk meningkatkan daya saing dengan warung tradisional," tutur Faransyah.

RuWang akan difungsikan sebagai wadah distribusi produk-produk UMKM warga sehingga program tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta menganggarkan Rp82 miliar untuk membantu pelaksanaan program OK OCE.  

Baca juga: Sandiaga Uno janji bentuk OK OCE Nasional
Baca juga: Sandiaga resmikan Gerai Tani OK OCE
Baca juga: Pemprov DKI terus matangkan pergub kewirausahaan

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar