Sampang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) dan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) memantau secara langsung pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pilkada Sampang, Jawa Timur, Sabtu.

"Dari komisioner KPU RI yang dijadwalkan datang ke sini Ibu Evi Novinda Ginting Manik bersama rombongan staf, dari Komisioner Bawaslu RI Afifudin," kata Divisi Perencanaan dan Data KPU Sampang Addy Imansyah di Sampang, Sabtu.

Ia menjelaskan, KPU RI, Bawaslu RI dan Komisoner KPU Jatim, Komisioner Bawaslu Jatim serta sejumlah komisoner KPU Kab/Kota di Jawa Timur melakukan pemantauan langsung pelaksanaan PSU di sejumlah TPS di Kabupaten Sampang, baik di kota maupun di sejumlah desa pada pelaksanaan pilkada sebelumnya ditemukan ada penyimpangan.

"Kedatangan mereka selain untuk memastikan proses PSU sesuai dengan peraturan dan perundang- undangan juga memberikan dukungan moral kepada KPU Sampang agar pelaksanaan PSU berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya.

Addy Imansyah lebih lanjut menjelaskan, semua tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 Kecamatan dengan jumlah 1.450 TPS itu, proses pemungutan sudah dibuka dan saat ini tengah berlangsung.

"Alhamdulillah hingga pukul 12.00 WIB siang ini, tidak ada laporan dari bawah terkait kekurangan logistik dan semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan PSU sesuai harapan," katanya.

Sementara itu, Pejabat Bupati Sampang Jonathan Judianto didampingi Kapolres AKBP Budi Wardiman, Dandim 0828 Sampang Letkol Czi Ari Syahrizal, dan Kepala Satpol-PP Jawa Timur Budi Santosa, serta Kepala Biro Pemerintahan Sekda Provinsi Jatim Tedi Rustendi juga melakukan pemantauan secara langsung pelaksanaan PSU di Sampang, Madura, Jawa Timur, Sabtu.


Baca juga: Polisi memperketat pengamanan pemungutan suara ulang Sampang

Baca juga: 7.000 personel amankan pilkada ulang di Sampang

Baca juga: KPU mulai sosialisasi pilkada ulang Sampang

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018