Kita memang sengaja menyediakan kopi untuk menarik pengunjung agar pengunjung mengetahui potensi kopi Indonesia dan memang diminati,
Shanghai, China (ANTARA News) - Paviliun Indonesia di "The1st China International Import Expo" (CIIE) di Shanghai, China, pada 5—10 November 2018  menarik pembeli dan pengunjung dengan menyediakan konter kopi gratis.

"Kita memang sengaja menyediakan kopi untuk menarik pengunjung agar pengunjung mengetahui potensi kopi Indonesia dan memang diminati," kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Arlinda kepada pers di Shanghai, Rabu.

Dikatakan, kopi  memang merupakan minuman yang sangat digemari masyarakat China, oleh karena itu Indonesia mencoba untuk terus mempromosikan komoditas pertanian itu.

Di konter kopi di Paviliun Indonesia terlihat tak pernah berhenti antrean panjang pengunjung yang ingin menikmati kopi.

Selain mempromosikan kopi, Paviliun Indonesia juga menampilkan sejumlah tarian daerah selama pameran berlangsung, dua kali dalam sehari.

Arlinda mengatakan adanya CIIE ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk mempromosikan berbagai potensi produk dan jasa, tidak hanya kepada pengusaha China tapi juga negara lain.

Indonesia akan berpartisipasi dengan menghadirkan dua Paviliun Indonesia, masing-masing di arena  paviliun  negara (Country  Pavillion) seluas  256  meter persegi dan  di  arena  pameran pelaku  usaha dan  bisnis (Enterprise  and  Business  Exhibition) seluas  290  meter persegi.

Kehadiran  Paviliun  Indonesia  berdampingan dengan Paviliun China di arena Country Pavillion adalah sebagai Guest Country of Honor yang diinisiasi oleh Pemerintah China.

“Menjadi Guest Country of Honor merupakan kesempatan berharga untuk Indonesia karena berarti 
Indonesia  dinilai  telah  siap  sebagai mitra global  China  untuk  memenuhi  permintaan  impor  China," kata Arlinda.

Di Paviliun Indonesia juga dipromosikan sejumlah produk seperti CPO dan produk turunannya, potensi investasi, serta potensi 10 destinasi wisata unggulan Indonesia.

Sepuluh destinasi unggulan adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu dan Kota Tua, Borobudur, Bromo, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

Sedangkan  pada  arena pameran swasta, Paviliun Indonesia menempati zona makanan dan produk pertanian  diisi  oleh  32  perusahaan  dan  tiga  asosiasi  dengan  produk-produk  yang ditampilkan  antara  lain  yaitu produk makanan  dan  minuman,  produk  kesehatan,  sarang  burung walet, serta minyak sawit dan turunannya.

Baca juga: Mendag ingatkan jangan ketinggalan promosi ke China
Baca juga: Indonesia promosikan produk unggulan ke importir China

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018