Data lengkapnya belum kita peroleh. Untuk sementara tidak ada korban jiwa. Mudah-mudahan banjir cepat surut.
Simpang Empat, Sumbar, (ANTARA News) - Air Sungai Batang Saman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, meluap pada Rabu malam, mengakibatkan arus transportasi Simpang Empat menuju Ujung Gading terputus.

Luapan air di jalur transportasi itu hingga setinggi satu meter lebih.

"Setelah banjir di sejumlah titik, malam ini sekitar pukul 22.45 WIB Sungai Batang Pasaman juga meluap sampai menutup badan jalan setinggi satu meter lebih," kata Kepala Bagian Humas Sekretariat Deerah Pasaman Barat, Yosmar Difia, yang langsung melihat banjir Batang Saman, Rabu malam.

Selain memutuskan arus transportasi, kejadian itu mengakibatka antrean kendaraan. Dari data sementara, puluhan rumah terendam banjir.

"Data pastinya belum kita peroleh karena saat ini anggota masih memberikan bantuan kepada warga untuk mengevekuasi ke tempat yang lebih aman," katanya.

Meluapnya Sungai Batang Saman terjadi pada Rabu malam, akibat hujan yang terus terjadi dalam dua hari terakhir.

Saat ini, petugas BPBD, kecamatan, SAR, pihak kepolisian, dan PMI sudah turun ke lapangan untuk memberikan bantuan evakuasi bagi warga ke tempat yang aman.

Ia menjelaskan hujan yang turun sejak Rabu siang, membuat air sungai di sejumlah lokasi meluap ke permukiman warga.

Sejumlah lokasi banjir adalah Kampung Baru Ranah Batahan, Limpato Kajai Kecamatan Talamau, Koto Sawah, dan Lubuk Gobing.

"Data lengkapnya belum kita peroleh. Untuk sementara tidak ada korban jiwa. Mudah-mudahan banjir cepat surut," katanya.*


Baca juga: Banjir putuskan jalur Pasaman Barat - Madina, Sumut

Baca juga: BNPB: Banjir di Padang telah surut



 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018