Bandarlampung (ANTARA News) - Jaksa Penuntut Umum dalam sidang di Pengadilan Negeri Bandarlampung, menuntut Romi Erwin Saputra dengan kurungan penjara selama dua tahun dan enam bulan serta denda sebesar Rp1 miliar subsidair tiga bulan kurungan penjara karena telah menghina Presiden melalui akun facebook miliknya.

"Menyatakan terbukti bersalah dengan sengaja tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Agus Priambodo saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri, Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan perbuatan terdakwa telah melanggar Pasal 45 A Ayat (2) Jo Pasal 28 Ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Hal memberatkan, terdakwa tidak mengakui perbuatannya dan perbuatannya telah meresahkan masyarakat. Sedangkan hal yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum," jelasnya.

Penasehat hukum terdakwa, Tarmizi meminta waktu kepada Ketua Majelis Hakim, Syamsudin akan membacakan pembelaan secara tertulis pada pekan depan.

"Saya minta waktu pekan depan kami akan membacakan pembelaan," katanya.

Perbuatan terdakwa berawal pada Minggu 22 Juli 2018 sekitar pukul 20.00 WIB. Saat itu, saksi M. Dana Apriwinta dan saksi Mangihit Madina Silaban, melakukan patroli siber melalui jejaring sosial Facebook.

Kemudian pada akun atas nama terdakwa di grup jual beli HP Bandarlampung dan sekitarnya, memajang foto Presiden Joko Widodo berikut dengan kata-kata yang bertuliskan ujaran kebencian.

Baca juga: Jokowi: mari hijrah ke ujaran kebenaran

Baca juga: Polres Sampang tangkap pelaku ujaran kebencian

Pewarta: T. Subagyo dan Damiri
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018