London (ANTARA News) - Gerakan Wadyabala Jokowi atau disingkat GWJokowi Inggris Raya mengadakan diskusi "Mengembalikan Kejayaan Maritim Bangsa Indonesia" dengan menampilkan pembicara utama Laksamana (Purn) Prof Dr Marsetio MM, Guru Besar Universitas Pertahanan Indonesia yang juga sebagai Anggota Tim Dewan Pengarahan Tim Kampanye Nasional (TKN) di Mayfair, London, Rabu sore.

Pimpinan GWJokowi Inggris Raya, Zulinda Berry Natalegawa kepada Antara London, Kamis, mengatakan acara diskusi itu merupakan rangkaian acara yang digelar GWJokowi Inggris Raya dalam rangka mencari dukungan dan simpati 01JokowiAmin di tanah rantau Inggris Raya.

"Tuan rumahnya pasangan suami istri Tessa dan Christian Dennis bertujuan untuk saling bertemu dan bersilaturahmi serta info kekinian Tanah Air guna mempererat solidaritas komunitas Indonesia," katanya.

Acara diskusi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonnesia Raya dengan iringan harmonika dari musisi Indonesia Reyhan Naufal berlangsung hangat dalam musim dingin di Inggris dilanjutkan tanya jawab dengan moderator Trigo Neo Starden, Media Direktur Indonesian Diaspora Network United.

Dr Marsetio menyampaikan aneka upaya pemerintah Indonesia dalam mengembalikan kejayaan maritim bangsa Indonesia.

Dr Marsetio sendiri telah banyak menulis buku di bidang ilmu maritim seperti Indonesia Sea Power, World Class Navy, Kesadaran Baru Maritim Indonesia serta Kepemimpinan Nusantara.

Sementara itu, salah seorang peserta Caya Fairrie kepada Antara mengatakan Dr Marsetio seorang yang sangat menguasai subject ilmu maritimnya.

Dalam ceramahnya bagaimana ia memaparkan keutamaan dalam kepentingan kekuatan maritim bagi negara kepulauan terbesar di dunia seperti Indonesia yang harus mendasarkan kelangsungan dan masa depan berdasarkan kekuatan potensi maritim.

Dr Marsetio juga menjelaskan kemudahan dalam kebijakan maritim yang ditetapkan oleh pemerintah RI dibawah kepresidenan Joko Widodo sangat pesat dan langsung dirasakan oleh industri pariwisata dan pelabuhan logistik strategis baik untuk ekonomi maupun untuk pertahanan, demikian Caya Fairrie.

Dr Marsetio melanjutkan perjalanan sosialisasi ke Belanda untuk mengadakan acara serupa dengan masyarakat Indonesia dan simpatisan capres Paslon #01JokowiAmin di Belanda dan sekitarnya.

Menurut rencana GWJokowi Inggris Raya juga akan menghadirkan politisi aktivis yang juga anggota DPR Indonesia Budiman Sudjatmiko dalam waktu mendatang.

Setelah meluncurkan inisiatif #01BukaRumah di London awal November lalu, GWJokowi Inggris Raya juga akan melakukan safari kunjungan ke berbagai kota di Inggris seperti di Cambridge.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon presiden, yaitu nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga uno.

Baca juga: Poros maritim Indonesia di tengah arus dunia
Baca juga: Presiden: kerja sama maritim kunci kemitraan ASEAN-India
Baca juga: Indonesia bertekad jadi kekuatan maritim dunia

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018