Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik mantan direktur eksekutif Bank Dunia Andin Hadiyanto sebagai staf ahli bidang makro ekonomi dan keuangan internasional Kementerian Keuangan.

Dalam sambutannya, wanita yang akrab dipanggil Ani itu menyatakan bahwa jabatan staf ahli bidang makro ekonomi dan keuangan internasional bukanlah jabatan yang baru baginya.

"Namun yang berbeda adalah saudara Andin telah merasakan dan sudah mendapatkan suatu pengalaman untuk bekerja selaku "executive director" di lembaga multilateral seperti Bank Dunia," ujar Ani  dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Jumat malam.

Ia menyampaikan bahwa pada tahun ini dan tahun-tahun ke depan tantangan makro ekonomi dan terutama lingkungan internasional dan kondisi ekonomis global sangat dinamis.

Ani berharap dengan pengalaman yang sudah diperoleh Andin sebagai direktur eksekutif Bank Dunia, serta mengikuti banyak pertemuan internasional, maka pengalaman dan pengetahuan tersebut akan memberikan cukup bekal yang tangguh. 

Tidak hanya memahami kondisi ekonomi global, namun juga menghadapi dinamika yang terjadi dan bagaimana tantangan tersebut akan mempengaruhi ekomomi Indonesia baik dalam makro ekonomi maupun kebijakan fiskal.

"Saya memiliki harapan yang sangat tinggi bahwa Kemenkeu mampu menjadi pelaku aktif. Dengan pengalaman dan pengamatan yang ada, saya memiliki keyakinan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali pengalaman, pengetahuan, dan juga pencapaian yang bisa ditawarakan di dunia internasional sebagai suatu sumbangan kita untuk menciptakan tata kehidupan global atau dunia yang damai berdasarkan pada perdamaian abadi dan keadilan sosial," ujar Ani.

Baca juga: Menkeu lantik dua pejabat eselon satu

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2018