Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bandar Seri Begawan bekerja sama dengan Indonesian Chef Association (ICA) menghadirkan Chef Juna Rorimpandey untuk mempromosikan kuliner Indonesia kepada warga Brunei Darussalam.

Ratusan tamu menyaksikan aksi Chef Juna memasak makanan khas Bali di Parkview Hotel, Brunei Darussalam, pada 9 Desember 2018. Dengan bantua beberapa koki ICA, dia memasak sate lilit, serombotan, ayam suwir khas Bali dan sambal matah.

"Ciri khas kuliner Bali adalah kelengkapan rempahnya dan rasanya yang pedas, sederhana namun tidak mudah membuatnya karena harus memperhatikan kelengkapan rempah-rempahnya," kata Chef Juna dalam siaran pers KBRI Bandar Seri Begawan pada Senin.

Demo masak Chef Juna merupakan bagian dari rangkaian "Fabulous Indonesian Culinary Fest", acara kolaborasi KBRI Bandar Seri Begawan dengan ICA untuk mempromosikan kuliner Indonesia kepada masyarakat Brunei Darussalam yang juga meliputi penyediaan angkringan dan ukir buah hasil kreasi ICA.

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Sujatmiko dalam sambutannya pada pembukaan acara tersebut menyampaikan bahwa KBRI Bandar Seri Begawan berupaya memperkenalkan ragam kuliner Indonesia di luar beberapa kuliner yang sudah sangat dikenal di Brunei Darussalam seperti bakso, sate, ayam penyet, dan nasi goreng.

"Selain itu kerja sama dengan ICA, yang memiliki sekitar 350 anggota di Brunei Darussalam, merupakan wujud nyata sinergi antara KBRI dan masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam dalam mempromosikan kuliner Indonesia," katanya.

Dia menjelaskan bahwa keberadaan sekitar 350 koki asal Indonesia yang bekerja di hotel-hotel top di Brunei, ditambah banyak restoran Indonesia dan para pekerja domestik di rumah-rumah warga Brunei secara otomatis ikut serta mempromosikan masakan Indonesia di Brunei Sarussalam.

Selain melakukan demo masak, dalam acara itu Chef Juna juga menjadi juri acara Fabulous Indonesian Culinary Challenge, tempat tidak kurang dari 25 juru masak restoran dan hotel di Brunei serta pelajar sekolah kuliner lokal berkompetisi dalam lomba bakso display, ukir buah dan black box cooking.

Acara kolaborasi KBRI Bandar Seri Begawan dan ICA tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Brunei December Festival, agenda Pemerintah Brunei Darussalam untuk menarik wisatawan domestik dan luar negeri ke Brunei pada masa liburan akhir tahun.

Baca juga: Kuliner Indonesia dipromosikan di Belgia
Baca juga: Christine Hakim dan Anggun C Sasmi hadiri promosi kuliner Indonesia di Paris

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018