Pekanba (ANTARA News) - Ratusan ibu pengajian dan paguyuban masyarakat Tionghoa Riau antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Kota Pekanbaru, Sabtu.

Berdasarkan pantauan Antara, ada 250 orang ibu dari Majelis Taklim Al Ikhas yang menyambut rombongan presiden. Mereka mengenakan baju muslim warna putih-putih sambil membawa alat musik perkusi, kompang, ukuran kecil. Mereka sudah berkumpul sejak sekitar pukul 07.00 WIB.

Ibu-ibu majelis taklim dan paguyuban berdiri berdampingan dengan ibu-ibu Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa (PSMTI) Riau di Jl. Diponegoro, Pekanbaru.

Ibu-ibu dari PSMTI berjumlah 24 orang mengenakan baju atasan putih dan bawahan batik Riau. Uniknya, setiap ibu membawa angklung, alat musik tradisional dari bambu yang identik dengan etnis Sunda.

"Kita akan bawakan lagu (berjudul) Lancang Kuning," kata seorang ibu dari PSMTI Riau, Nelly (51).

Ia mengatakan kegiatan itu spontan dan PSMTI Riau antusias menyambut kedatangan presiden. Ibu-ibu rela bolak-balik ikut glari resik jelang kedatangan presiden.

"Kita antusias sekali," ujarnya.

Selain dua kelompok itu, sudah banyak warga dan undangan yang berkerumun di sekitar gedung LAM Riau. Panitia menyediakan layar besar agar mereka bisa melihat kegiatan orang nomor satu di Indonesia itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengawali kegiatan di Pekanbaru dengan menerima gelar adat Datuk Sri Setia Amanah Negara di Lembaga Adat Melayu Riau.

Kemudian pembagian sertifikat TORA dan tanah adat, pawai budaya di GOR Remaja, mengunjungi Pondok Pesantren Al Kautsar, dan menghadiri pengukuhan Tim Kampanye Daerah (TKD) Riau untuk pasangan calon presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma`ruf Amin.

Baca juga: Presiden kembali bertemu penyumbang pesawat RI-001 di Aceh

Baca juga: Presiden katakan Tol Lampung-Aceh tersambung 2024

Pewarta: Febrianto Budi Anggoro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018