Surya Paloh-Gus Ubaid bicarakan komitmen jaga kebangsaan

id surya paloh,gus ubaid,nasdem naik peringkat di pemilu 2019,keutuhan bangsa dan nkri

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (Istimewa)

Tuban (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh dan Pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban KH Ubaidillah Faqih membicarakan komitmen menjaga kebangsaan agar terhindar dari keretakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pak Surya bahkan diberi pesan khusus oleh Gus Ubaid (KH Ubaidillah Faqih) untuk membaca `Ya Qowiyu Ya Matiin` sebanyak-banyaknya agar kuat dan komitmen dalam menjaga kebangsaan," kata mantan Bupati Bojonegoro Suyoto yang mendampingi Surya Paloh bersilaturahim di Langitan, Tuban, Jawa Timur, Minggu.

Pada silaturahim yang berlangsung tertutup tersebut, para ulama tak berhenti mengajak seluruh anak bangsa supaya menjaga kebangsaan dari keretakan yang dipicu oleh perbedaan pilihan dalam Pemilu.

Para kiai dan ulama, kata dia, khawatir jika NKRI pecah sehingga diperlukan saling mendukung antarelemen bangsa yang berkomitmen menjaga kebangsaan.

"Kiai dan ulama juga senantiasa mendoakan para pejuang nasional dalam menjaga kebangsaan supaya kuat dalam menghadapi berbagai gelombang yang mengancam keutuhan NKRI," kata caleg DPR RI Partai Nasdem dari Dapil Tuban dan Bojonegoro tersebut.

Saat kunjungannya ke Jatim, Surya Paloh juga menegaskan tidak ingin bangsa ini pecah hanya gara-gara perbedaan pendapat saat Pemilu.

Di kesempatan sama, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Effendy Choirie menyampaikan tujuan "sowan" ke kiai di Langitan bukan politis dan meminta dukungan di Pemilu 2019, tapi lebih karena ingin membangun kedekatan maupun keakraban dengan ulama.

"Pak Surya Paloh dan Gus Ubaid juga membahas seputar keutuhan NKRI karena khawatir saat ini banyak kekuatan yang ingin menggoyahkan bangsa," kata Gus Choi, sapaan akrabnya.

Caleg DPR RI asal Nasdem dapil Gresik dan Lamongan itu menjelaskan, sejak lahirnya Nasdem tujuh tahun lalu, Surya Paloh memang intens menjalin silaturahim dengan kalangan ulama serta keluarga pondok pesantren.

Usai bertemu Gus Ubaid, rombongan Surya Paloh bertemu ribuan kadernya di Lapangan Widang yang berjarak beberapa ratusan meter dari pondok pesantren, sekaligus menyampaikan orasi politiknya.

Surya Paloh mengajak kader mengangkat partai ke papan atas pada kontestasi Pemilu tahun depan.

Hadir sejumlah struktural DPP, termasuk Ketua DPW Nasdem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi (Jeanette), caleg Elma Theana yang juga berperan sebagai pembawa acara temu kader, dan sejumlah caleg asal dapil Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro.

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar