Jakarta (ANTARA News) - Politisi PDI Perjuangan Pramono Anung melihat sosialisi pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih perlu dimaksimalkan dan perlu lebih meningkatkan penetrasinya di masyarakat.
 
"Berdasarkan hasil survei internal yang dilakukan secara periodik, Tim Kampanye Nasional (TKN) masih perlu lebih meningkatkan koordinasi terutama di antara pasangan capres-cawapres dengan parpol pengusung," kata Pramono Anung, di kediaman pribadi Ketua Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf, Jusuf Kalla, di Kebayoran Baru, Jakarta, Senin malam.

Menurut Pramono, dari hasil survei internal menyimpulkan, masih banyak calon anggota legislatif (caleg) dari parpol anggota KIK yang belum melakukan sosialisasi pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf dari rumah ke rumah, sehingga harus lebih ditingkatkan penetrasinya. "Sosialisasi capres-cawapres ke masyarakat juga belum maksimal. Karena itu perlu dilakukan sosialisasi yang lebih masif," katanya.

Pramono mengakui, dari hasil survei internal menyimpulkan, sosialisasi yang sudah dilakukan selama hampir dua bulan ada tren kenaikan tapi tidak signifikan. "Apa yang disampaikan oleh beberapa lembaga survei kepada publik bahwa belum ada kenaikan secara signifikan. Saya nggak cerita berapa hasilnya tapi blm berubah signifikan," katanya.

Pramnono menambahkan, berdasarkan hasil survei yang telah diumumkan oleh benberapa lembaga survei yang kredibel kepada publik, sebenarnya hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil survei survei internal.

Karena itu, dalam waktu 3,5 bulan ke depan, masih banyak yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan penetrasinya. "Dari hasil survei interal, menggambarkan masih ada beberapa daerah yang perlu dilakukan penetrasi lebih dalam oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 01, terutama di Jawa dan Sumatera," katanya.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon presiden, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: JK pimpin rapat TKN Jokowi-Ma'ruf di Dharmawangsa
Baca juga: JK: Tingkatkan koordinasi partai-caleg untuk kampanye Jokowi-Ma'ruf
Baca juga: TKN Jokowi-Ma'ruf selengggarakan rapat bersama
Baca juga: Sejumlah daerah jadi "PR" bagi TKN Jokowi-Ma'ruf

 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018