Yogyakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menghadiri resepsi Dhaup Ageng atau pernikahan agung putra sulung KGPAA Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro di Istana Puro Pakualaman pada Sabtu (5/1).

"Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana sudah konfirmasi hadir," kata Ketua 1 Dhaup Ageng Puro Pakualaman, KRT Radyowisroyo di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Radyowisroyo, saat ini panitia Dhaup Ageng telah menyiapkan penyambutan kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu sesuai standar protokoler kepresidenan.

"Kami menyesuaikan standar yang ditentukan Paspampres seperti biasanya saja. Beliau dan istri hadir sebagai tamu," kata dia.

Sesuai undangan, menurut dia, Jokowi akan tiba sekitar pukul 11.00 WIB saat resepsi pernikahan di Bangsal Sewatama Puro Pakualaman.

Selain Presiden Jokowi, menurut dia, sejumlah menteri Kabinet Kerja juga dijadwalkan menghadiri acara tersebut. "Menterinya yang hadir siapa saja saya belum tahu," kata dia.

Radyowisroyo mengatakan selain para pejabat negara, Puro Pakualaman juga mengundang raja-raja atau sultan keraton se-Nusantara. Kendati demikian, yang kemungkinan besar akan hadir adalah raja-raja se-Jawa seperti Mangkunegaran Solo, Cirebon, termasuk Keraton Ngayogyakarta.

"Yang jelas kami sudah mengundang forum silatirahmi keraton se-Nusantara," kata dia.

Acara akad pernikahan Putra Sulung KGPAA Paku Alam X Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro bersama calon mempelai wanita Maya Lakshita Noorya akan dilaksanakan pada Sabtu (5/1) pagi di Masjid Besar Pakualaman yang berada di sisi barat daya Pura Pakualaman. Setelah itu dilanjutkan dengan rangkaian upacara panggih dan resepsi di Bangsal Sewatama, Puro Pakualaman.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019