Jakarta (ANTARA News) - Pengguna internet kini bisa memberikan donasi ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) hanya dengan mengklik iklan, tanpa mengeluarkan uang.

Lewat layanan yang disediakan Baznas bekerja sama dengan GotongRoyong.in, pengguna internet hanya perlu melakukan tiga langkah untuk menyumbang melalui klik iklan.

"Pilih kampanye di laman, lihat iklan setidaknya dan anda sudah berdonasi," kata CEO GotongRoyong.in Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat, mengenai cara menyumbang lewat platform yang dia rintis bersama rekannya di Universitas Indonesia.

Radhiyan mengatakan program donasi dengan klik iklan merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

"Idenya sederhana. Orang yang tidak punya uang bisa berdonasi. Dengan ketukan jari di gadget  bisa menyumbang," kata dia.

Dia mengatakan setiap dana yang masuk dari klik iklan oleh pengguna platform akan langsung disalurkan ke Baznas.
   
Hingga saat ini, kata dia, sudah terkumpul Rp12 juta dari program di laman GotongRoyong.in.
   
"Bayangkan satu klik mungkin hanya bernilai Rp500. Tapi jika ada banyak pengguna tentu akan berlipat dan akan semakin bisa membantu mereka yang membutuhkan," kata dia.

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta menyambut baik upaya anak-anak muda dalam merintis sarana donasi tanpa uang lewat klik iklan.

"Ini mendorong kedermawanan. Mendorong kesejahteraan dari konsep berbagi. Baznas akan pasarkan ini sebagai cara berdonasi yang baru," kata dia. 

Baca juga:
Penghimpunan zakat Baznas naik 31,8 persen selama 2018
Baznas gandeng aplikasi OY! mudahkan donatur berzakat secara daring

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019