BPH Kusumo Bimantoro resmi mempersunting Maya Lakshita

id paku alam X

Suasana di depan Gapura Pura Pakualaman menjelang acara panggih dan resepsi Dhaup Ageng atau pernikahan agung putra sulung KGPAA Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro dan Maya Lakshita Noorya, Sabtu (5/1) Foto : ANTARA/Luqman Hakim

Yogyakarta (ANTARA News) - Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro resmi mempersunting mempelai putri Maya Lakshita Noorya setelah melaksanakan ijab qabul di Masjid Ageng Pakualaman, Yogyakarta, Sabtu pagi.

Ijab qabul Dhaup Ageng atau pernikahan agung BPH Kusumo Bimantoro yang merupakan putra sulung dari penguasa Puro Pakualaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X dimulai tepat pukul 07.30 WIB.

Dalam ritual itu, ayah Maya Lakshita Noorya, Mandiyo Priyo bertindak sebagai wali nikah dengan saksi pernikahan yakni Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Noto Atmojo dari pihak mempelai pria dan Haji Aryono dari pihak mempelai wanita.

Sumpah pernikahan BPH Kusumo Bimantoro yang disertai dengan mahar kitab suci Al-Quran dan seperangkat alat shalat menandakan bahwa dirinya telah resmi memperistri Maya Lakshita Noorya.?

Dalam prosesi ijab qabul dalam rangkaian Dhaup Ageng itu, mempelai wanita Maya Lakshita Noorya tampil anggun dengan kebaya kutubaru berwarna putih dan kain batik Suryo Mularjo.

Sementara, mempelai pria yang merupakan putera pertama KGPAA Paku Alam X tampil gagah dengan mengenakan busana Surjan Ageng berwarna putih dengan corak bunga dan daun.

Setelah akad nikah, prosesi Dhaup Ageng dilanjutkan dengan prosesi Panggih, dimana mempelai pria yang merupakan calon putera mahkota Pakualaman akan dipertemukan dengan sang mempelai wanita.

Acara resepsi pernikahan yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dilangsungkan di Bangsal Sewotomo, Kagungan Dalem Pura Pakualaman pada pukul 11.00 WIB.

Kusumo Bimantoro yang lahir di Yogyakarta pada 10 April 1992 merupakan sulung dari dua bersaudara putra K.G.P.A.A. Paku Alam X dan G.K.B.R.A.A. Paku Alam.

Jenjang pendidikan ditempuhnya di Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sedangkan perempuan yang akan ia persunting yakni Maya Lakhsita Noorya lahir di Sleman pada 27 April 1991. Putri dari Mandiyo Priyo dan Rini Wijayanti ini merampungkan pendidikan tingginya di Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Baca juga: Calon pengantin Puro Pakualaman menjalani siraman
Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan hadiri pernikahan agung putra Pakualaman

Pewarta : Luqman Hakim
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar