Lebak (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menyediakan 5.000 durian lokal gratis untuk masyarakat sebagai rasa syukur atas dilantiknya pimpinan daerah baru serta keberhasilan meraih piala Adipura.

Bupati Lebak Iti Octavia dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi untuk masa bakti 2019 sampai dengan 2024. 

"Semua durian gratis itu dimakan secara massal atau Murakadu Babarengan, atas dilantiknya Bupati Lebak Iti Octavia dan Wakil Walikota Bupati Lebak Ade Sumardi untuk masa bakti 2019 sampai dengan 2024,” kata Humas Protokol Sekertariat Daerah Kabupaten Lebak Aep Dian Herdiawan di Lebak, Senin.

Pelaksanaan makan durian lokal itu digelar pukul 15.00 WIB dan masyarakat dipersilahkan mendatangi Pendopo Pemkab Lebak.

Kegiatan murakadu berbarengan secara massal itu  pertama kali dilaksanakan pemerintah daerah. Selain itu, kebetulan Kabupaten Lebak juga sedang  memasuki musim panen durian lokal dengan berbagai varietas hingga membanjiri Kota Rangkasbitung.

Bahkan, durian lokal itu dipasarkan hingga keluar daerah.

"Kami berharap pesta makan durian juga sekaligus promosi buah unggulan daerah," katanya.

Sebelum pelaksanaan acara makan durian gratis, masyarakat akan mengarak piala Adipura dengan berkeliling Kota Rangkasbitung.

Penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Lebak, ujar dia. 

"Kami minta masyarakat merayakan pesta durian secara tertib," katanya.

Ia mengatakan durian lokal yang disediakan sebanyak 5.000 buah itu berasal dari sejumlah daerah di Kabupaten Lebak, diantaranya dari Kecamatan Sobang, Cirinten, Muncang, Leuwidamar, Muncang, Lebak Gedong hingga durian Badui.

Kelebihan durian Badui, menurut dia, selain beraroma, manis, legit, juga buahnya tebal.

Pelaksanaan makan durian secara massal juga melibatkan tim kesehatan guna mencegah serangan penyakit yang ditimbulkan setelah makan durian.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan acara makan durian lokal itu dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Tips memilih buah durian

Baca juga: Pemerintah berikan 146 anugerah Adipura



 

Pewarta: Mansyur
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2019