Charta Politika: Ma'ruf Amin dongkrak suara PKB

id Pemilu 2019,partai kebangkitan bangsa,Charta Politika,ma'ruf amin

Charta Politika saat rilis survei nasional terbaru di Kantornya, Jakarta, Rabu. (16/1/2019) (M Arief Iskandar)

Jakarta (ANTARA News) - Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, mengatakan, pencalonan Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden dari Jokowi, mampu mendongkrak suara Partai Kebangkitan Bangsa.

Menurut dia, saat rilis survei terbaru di Jakarta, Rabu, suara PKB terus meningkat dibandingkan survei-survei sebelumnya. Tangkapan survei pada April 2018, sebelum Jokowi - Ma'ruf Amin diumumkan, PKB meraih 7,0 persen suara responden. 

Pada survei Oktober 2018, saat Ma'ruf Amin telah diumumkan KPU sebagai calon wakil presiden (pada akhir September 2018), suara PKB meningkat 7,2 persen.

Survei terbaru yang dilaksanakan pada 22 Desember-2 Januari 2019 mendapati suara PKB kembali meningkat menjadi 8,1 persen.

Menurut Muslimin, salah satu peningkatan suara PKB juga disumbang dari tingkat popularitas Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden di masyarakat yang telah mencapai 80 persen.

"Kyiai Ma'ruf mungkin telah diasosiasikan dengan PKB," katanya.

Survei yang dilakukan Charta Politika kali ini digelar 22 Desember 2018-2 Januari 2019 dengan melibatkan 2.000 responden di 34 provinsi dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei tersebut, didapati bahwa terdapat 4,9 persen pemilih PKB yang memilih karena partai tersebut mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sementara para pemilih loyal (karena terbiasa memilih PKB )14,2 persen dan pemilih yang merasa terwakili ideologinya mencapai 13 persen.


Pewarta : M Arief Iskandar
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar