Jadi kalau keluarganya ia masuk rentan miskin, maka jaminan sosialnya harus diperkuat kesehatan, pendidikan, dan bantuan pangan non tunainya
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, seiring dengan terus menurunnya angka kemiskinan, salah satu tantangan pemerintah ke depan adalah menjaga penduduk yang rentan miskin agar tidak jatuh miskin.
   
"Penurunan penduduk rentan perlu dipastikan bahwa mereka naik kelas dan tidak jatuh miskin lagi," ujar Bambang saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu.   
   
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk rentan miskin secara absolut jumlahnya cukup besar yaitu 53,3 juta jiwa atau 20,19 persen dari total penduduk. 
   
Dalam empat tahun terakhir, persentase penduduk rentan miskin terus menurun dari 24,33 persen pada 2015, lalu turun menjadi 23,89 persen setahun berikutnya, kemudian turun lagi menjadi 20,78 persen dan pada 2018 lalu mencapai 20,19 persen. 
   
Penduduk rentan miskin adalah penduduk yang hidup di bawah 1,5 Garis Kemiskinan. Garis Kemiskinan pada September 2018 tercatat sebesar Rp410.670 per kapita per bulan, dengan demikian penduduk rentan miskin adalah penduduk yang pendapatannya di bawah Rp616.005 per kapita per bulan. 
   
Adapun profil penduduk rentan miskin secara pendidikan, pendidikan tertinggi kepala rumah tangga sebanyak 37,8 persen adalah lulusan SD, tidak lulus SD 25 persen, lulusan SMP 15,6 persen, dan lulusan (12,2 persen). Selain itu, 21,4 persen kepala rumah tangga adalah lansia atau berusia 60 tahun ke atas.
   
Provinsi dengan tingkat kerentanan tertinggi adalah Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu 27,43 persen, Aceh 26,3 persen, dan Lampung 26 persen.

Kemudian sebanyak 43,2 persen rumah tangga tidak memiliki akses sanitasi layak dan 36,8 persen tidak memiliki akses untuk air minum layak.

Sebanyak 54,1 persen pendudk rentan miskin tinggal di wilayah perdesaan dan 45,9 persen tinggal di wilayah perkotaan.
   
Salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk rentan miskin yaitu melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Akumulasi KUR sejak 2015 hingga 31 Desember 2018 mencapai Rp333 triliun untuk 13,8 juta debitur. 
 
Pada tahun lalu, realisasi KUR mencapai 120 triliun atau 97,2 persen dari target Rp123,8 triliun. Sebanyak 46,8 persen  penyaluran KUR 2018 untuk sektor produksi seperti pertanian, perikanan, industri, konstruksi dan jasa," kata Bambang.
 
Selain KUR, pemerintah juga menyalurkan kredit ultra mikro yang ditargetkan bagi usaha mikro  yang berada di lapisan terbawah dan belum terlayani perbankan. Kredit ini melengkapi program lain yang telah berjalan dan merupakan tahap lanjutan dari bantuan sosial menuju kemandirian.

"Jadi kalau keluarganya ia masuk rentan miskin, maka jaminan sosialnya harus diperkuat kesehatan, pendidikan, dan bantuan pangan non tunainya. Jaminan sosial dan produktivitas diarahkan kepada kesempatan usaha, kredit ultra mikro. Kalau pekerjaan, ia perbaiki kompetensi atau skill-nya supaya ia tidak terdorong lagi ke miskin," ujar Bambang.

Baca juga: Jumlah warga miskin di pedesaan turun 1,29 juta
Baca juga: BPS catat penduduk miskin terus turun jadi 9,66 persen
Baca juga: Migrasi penduduk minim keterampilan picu pertambahan penduduk miskin

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019