Darmin harapkan Bandara Kulon Progo beroperasi akhir 2019

id Darmin nasution,Bandara kulon progo

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat memberikan pernyataan seusai memantau pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (19/1). (Satyagraha)

Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengharapkan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo dapat beroperasi sepenuhnya untuk penerbangan internasional maupun domestik pada akhir 2019.

"Mereka fight menyelesaikannya akhir Desember 2019. Itu berarti lebih cepat. Ini perkembangan yang bagus," kata Darmin seusai melakukan kunjungan ke proyek pembangunan NYIA di Yogyakarta, Sabtu.

Darmin mengatakan perkiraan realisasi pembangunan Bandara Kulon Progo ini lebih cepat dari proyeksi awal yaitu pada Juli 2020.

Meski demikian, ia menyakini operasional bandara ini secara minimal bisa mulai dilakukan pada April 2019 untuk penerbangan internasional.

Ia mengharapkan keberadaan bandara internasional ini bisa mengurangi beban Bandara Adisutjipto yang mulai melebihi kapasitas serta meningkatkan kegiatan pariwisata di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

"Jadi turisme di Yogya akan berkembang jauh lebih cepat karena pesawat berbadan lebar akan datang ke sini," kata Darmin.
Suasana pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (19/1). (Satyagraha)


New Yogyakarta International Airport atau Bandara Kulon Progo merupakan salah satu proyek infrastruktur pemerintah yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) seluas 587,2605 hektare untuk menggantikan Bandara Adisutjipto.

Untuk menyelesaikan masalah efek pergeseran pekerjaan masyarakat sekitar, pemerintah berupaya untuk melakukan kesesuaian antara kebutuhan industri dan kualitas SDM dengan mengoptimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) di kawasan sekitar.

Menurut perkiraan, pembangunan Bandara Kulon Progo ini mampu mengurangi pengangguran hingga 40 persen atau sekitar 3.000 orang dari 8.000 orang yang menganggur dan berimplikasi pada penurunan kemiskinan sebesar 10 persen. 

Baca juga: Menko Perekonomian pantau pembangunan Bandara Kulon Progo
Baca juga: Kemenhub operasikan kereta jemputan Bandara Yogyakarta Baru

 

Pewarta : Satyagraha
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar