Jakarta (ANTARA News) - Film dokumenter Michael Jackson produksi HBO "Leaving Neverland"  tayang di Sundance Film Festival, Jumat (25/1) pagi.

"Kami tayang benar-benar awal," kata sutradara Cooper ketika ia memperkenalkan film dokumenter berdurasi empat jam, yang merinci tuduhan bahwa mendiang ikon pop Michael Jackson telah melakukan pelecehan anak.

Sejumlah polisi ditempatkan di luar Egyptian Theatre sebagai antisipasi kalau terjadi unjuk rasa, petugas kesehatan pun bersiaga di lobi jaga-jaga kalau adadi antara penonton yang sakit karena dipicu oleh deskripsi grafis film tentang pelecehan seksual yang melibatkan anak di bawah umur.

Film dokumenter "Neverland" berpusat pada kisah Wade Robson, 36, dan James Safechuck, 40, yang menuduh Jackson mulai melecehkan mereka secara seksual pada usia 7 dan 10, masing-masing.

Pada saat itu, kedua anak laki-laki itu adalah penggemar berat Jackson.

Robson, yang kemudian menjadi koreografer untuk Britney Spears dan *NSYNC ketika dewasa, pertama kali bertemu Jackson setelah memenangkan kontes dansa selama tur Bad tahun 1987 di Australia.

Sementara itu, Safechuck, aktor cilik, muncul bersama Jackson pada tahun yang sama di sebuah iklan Pepsi dan mengatakan ia mulai sering bergaul dengan Jackson di Los Angeles.

Robson dan Safechuck masing-masing mengajukan tuntutan hukum terhadap Jackson Estate pada 2013 dan 2014, masing-masing, meskipun hakim menyangkal tuntutan keduanya karena alasan teknis, dan tidak mengevaluasi manfaat dugaan tersebut. Kedua pria hadir di pemutaran Jumat di Park City, di mana mereka menangis bersama sutradara Dan Reed.

"Leaving Neverland" telah dikecam oleh penggemar Jackson sejak proyek ini diumumkan awal bulan ini. Pihak Jackson Estate mengatakan bahwa film dokumenter itu, '' adalah satu lagi produksi menyeramkan dalam upaya keterlaluan dan menyedihkan untuk mengeksploitasi dan menguangkan Michael Jackson."

Berikut adalah lima tuduhan yang disajikan dalam "Neverland," yang ditayangkan perdana di HBO musim semi ini.

1. "Leaving Neverland" menuduh ada banyak aktivitas seksual di peternakan MJ

Safechuck mengklaim bahwa Jackson memperkenalkannya kepada masturbasi saat tinggal bersama di sebuah hotel di Paris. "Dia memberi tahu saya bahwa saya adalah pengalaman seksual pertamanya," kata Safechuck, menambahkan pada suatu pagi, Jackson mengatakan kepadanya bahwa dia melakukan seks oral kepadanya saat dia sedang tidur.

Robson mengatakan dia melihat bintang pop itu menyimpan potongan karton Peter Pan yang besar di kamarnya, yang sering dia lihat.

Robson menuduh Jackson melakukan masturbasi di belakangnya. Robson mengatakan bahwa Jackson kemudian memperkenalkannya pada film porno dan memberinya alkohol.

2. Michael Jackson dituduh melatih Safechuck supaya tak tertangkap basah

Pada awal hubungan mereka, Jackson secara teratur mengujinya tentang seberapa cepat dia bisa mengenakan pakaiannya setenang mungkin. Ketika orang tua Safechuck atau Robson menginap di hotel yang sama, kedua pria itu menuduh Jackson sering memastikan bahwa mereka tinggal di aula atau di lantai yang berbeda dari suite yang Jackson bagi bersama dengan anak-anak lelaki itu. Dia juga memiliki banyak kunci dan pintu kayu tebal yang dipasang di seluruh Neverland Ranch, tempat Safechuck mengklaim mereka berhubungan seks di dalam kastil, kolam, loteng, dan stasiun kereta.

"Itu terjadi setiap hari," kata Safechuck. "Kedengarannya gila, tetapi ketika kamu pertama kali berkencan dengan seseorang, kamu melakukan banyak hal."

Jackson berulang kali akan mengingatkan anak-anak lelaki itu bahwa mereka tidak boleh membocorkan tentang apa yang mereka lakukan: "'Jika ada yang mengetahui bahwa kami melakukan hal-hal seksual ini, kami akan masuk penjara selama sisa hidup kami,'" Robson ingat Jackson mengatakan itu.

"Aku takut."

3. Michael Jackson diduga menggelar pernikahan pura-pura

Bertahun-tahun dalam hubungan mereka, yang berlangsung sampai ia berusia 14 tahun, "kami seperti pasangan yang sudah menikah," kata Safechuck.

Suatu hari Jackson menggelar upacara pura-pura di kondominiumnya, di mana mereka bertukar "sumpah setia" dan ia memberi anak itu cincin emas bertatahkan berlian.

"Saya benar-benar menyukai perhiasan, jadi dia akan menghadiahi saya dengan perhiasan untuk tindakan seksual," kata Safechuck dalam film tersebut. Dia mengklaim bahwa Jackson akan membawanya ke toko perhiasan di mana mereka akan memilih cincin, bertindak seolah-olah hadiah itu untuk seorang wanita.

4. Robson diperintahkan membuang pakaian dalamnya setelah berhubungan seks

Setelah pindah ke Los Angeles untuk fokus pada menari dan lebih dekat ke Jackson, Robson sangat terpukul mengetahui bahwa Jackson "pindah" ke anak laki-laki lain termasuk Macaulay Culkin dan Brett Barnes (keduanya menyangkal bahwa Jackson melecehkan mereka secara seksual) .

"Ada kecemburuan dari saya," kata Robson. "Itu membingungkan."

Setelah beberapa tahun bertemu sesekali, penyanyi itu diduga memanggil Robson yang saat itu berusia 14 tahun ke kamar hotelnya, di mana ia berhubungan seks dengan remaja itu. Keesokan harinya, Robson mengatakan Jackson memanggilnya menuntut agar ia melepaskan pakaian dalamnya dari malam sebelumnya, karena takut ibu Robson akan menemukannya. Itu adalah pengalaman seksual terakhir yang mereka miliki bersama.

5. Michael Jackson mengatakan hubungannya dengan Lisa Marie Presley "tak ada artinya"

Sebagai anak kecil, baik Safechuck maupun Robson mengklaim bahwa Jackson akan mencoba untuk mengubah mereka melawan orang tua mereka dan membuat mereka membenci wanita. Dia memberi nama panggilan Robson seperti "Si Kecil" dan "Doo Doo," dan akan meninggalkannya faks dan pesan suara harian yang mengatakan betapa dia sangat menyukai memiliki teman seperti dia.

Menjelang pernikahannya yang singkat dengan Lisa Marie Presley pada tahun 1994, Jackson menghibur Safechuck dengan mengatakan kepadanya bahwa ia "harus memiliki hubungan publik dengan wanita" tetapi "itu tidak akan berarti apa-apa," kata Safechuck.

Manipulasi berlanjut ketika mereka semakin tua, ketika Jackson diduga menekan kedua pria itu untuk bersaksi pada 2005 bahwa dia tidak pernah melakukan pelecehan seksual kepada mereka setelah dia dituduh menganiaya Gavin Arvizo yang berusia 13 tahun. Meskipun Safechuck menolak, Robson setuju, mengedepankan kewaajiban untuk mendukung teman seumur hidupnya. Robson terus mendukung Jackson tiga tahun kemudian dalam sebuah wawancara dengan Access Hollywood.

Baca juga: Macaulay Culkin ungkap persahabatannya dengan Michael Jackson

Baca juga: Film otobiografi Shia LaBeouf disambut meriah di Sundance

Baca juga: "Untouchable", film dokumenter soal Harvey Weinstein diputar di Sundance

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019