Saat ini tim reaksi cepat (TRC) bergerak ke lokasi yang dilaporkan terjadi bencana alam
Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Banjir dan tanah longsor mulai melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, akibat curah hujan ringan hingga lebat yang mengguyur selama dua hari terakhir, terutama malam hari.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Darmawan, di Meulaboh, Senin, mengatakan saat ini tim reaksi cepat (TRC) bergerak ke lokasi yang dilaporkan terjadi bencana alam tersebut.

 "Benar, ada banjir di Woyla Timur dan longsor terjadi di Kecamatan Sungai Mas. Tapi informasi ini baru kita terima dan sebagian tim kami sedang melakukan pengecekan keakuratan informasi tersebut," katanya.

Data yang dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan bahwa banjir yang melanda Kecamatan Woyla Timur sudah merendam rumah warga dan fasilitas pendidikan, seperti sekolah.

Akan tetapi, hingga saat ini kondisinya belum begitu parah karena hujan pada Senin pagi telah reda.

Darmawan menyampaikan banjir di Woyla Timur sudah terjadi sejak Minggu (3/2), namun sorenya banjir berangsur-angsur surut, sedangkan hujan dengan intensitas lebat mengguyur pada malamnya sehingga air dari sungai kembali meluap.

Untuk lokasi tanah longsor belum diketahui sejauh mana kondisi terkini di lapangan. Tim masih melakukan pemantauan untuk kemudian mencari solusi penanganan, apabila benar adanya longsor tebing gunung di kawasan itu.

"Longsor masih dalam proses pendataan dan tim masih bergerak ke sana. Informasinya titik lokasi di jalan lintas Desa Alu Seuradek tujuan Tutut, Kecamatan Sungai Mas, nanti kami sampaikan perkembangannya," katanya.

Badan Mateorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dan sekitarnya selama beberapa hari ke depan, terutama saat malam.

"Mulai malam (3/2) ini ada potensi hujan di wilayah barat selatan Aceh. Masyarakat harap waspada hujan lebat disertai kilat dan petir," kata prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Meulaboh-Nagan Raya, Angga Yudha.

Hal itu, berdasarkan data prakiraan cuaca yang dirilis pihaknya untuk wilayah kerja mencakup Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Simeulue, Aceh Barat Daya, Singki, dan Kota Subulussalam, untuk 4-5 Februari 2019.

Baca juga: Banjir rendam sembilan "gampong" di Aceh Barat

Baca juga: Banjir dan longsor terjang Aceh Barat

Pewarta: Anwar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019