Mari kita membuka kacamata dengan benar, mari kita melihat sudut pandang yang positif ...
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat ekonomi Hisar Sirait berharap kedua calon presiden (capres) dalam pemilu presiden 2019 memberikan prioritas terhadap pembangunan infrastruktur dan transportasi.

"Memberikan prioritas kepada pembangunan-pembangunan infrastruktur dan transportasi yang betul-betul dalam jangka pendek secara jelas akan memberikan dampak langsung kepada masyarakat," ujar Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie tersebut di Jakarta, Kamis (7/2).

Dia menjelaskan bahwa selama ini yang terjadi adalah masyarakat Indonesia mampu berproduksi, tetapi kurang mampu untuk bisa mengirimkan dan menyampaikan hasil produksinya ke titik konsumsi, karena terkendala transportasi.

"Mari kita membuka kacamata dengan benar, mari kita melihat sudut pandang yang positif bahwa negara ini hanya akan bisa maju, pembangunan ekonominya hanya bisa maju kalau ada infrastruktur seperti jalan, pelabuhan-pelabuhan dan bandara. Hanya itu yang bisa menghubungkan titik produksi ke titik konsumsi," kata Hisar Sirait usai menghadiri seminar nasional.

Sebelumnya dia juga menjelaskan bahwa masalah aspek transportasi dan infrastruktur merupakan aspek yang sangat krusial, di mana kalau Indonesia ingin melihat bagaimana kemajuan negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan China,  negara-negara tersebut saat hendak membangun perekonomiannya yang pertama kali perhatikan serta pastikan adalah pembangunan sarana transportasinya.

Debat pilpres 2019 babak kedua akan digelar pada Minggu 17 Februari 2019. Debat babak kedua tersebut akan membahas energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.  

Pengamat  Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira memprediksikan bahwa  topik infrastruktur akan menjadi salah satu topik paling hangat yang dibahas dalam debat kedua pilpres 2019 tersebut.

Debat babak kedua ini termasuk dalam lima babak debat pilpres 2019 dengan debat pertama mengenai hukum, HAM, korupsi dan terorisme telah digelar pada 17 Januari 2019, dan debat terakhir yakni debat babak kelima bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri akan menutup seluruh rangkaian debat pilpres 2019.Mari kita membuka kacamata dengan benar, mari kita melihat sudut pandang yang positif.

Baca juga: Pengamat berharap infrastruktur pertanian dibahas dalam debat kedua pilpres

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019