Jakarta (ANTARA News) - Suasana berbeda terlihat di rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara, air minum dalam kemasan (AMDK) yang biasanya disediakan tidak terlihat dalam kegiatan itu.

Kasi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Pademangan Barat, Erniwati mengatakan, hal itu sengaja dilakukan demi mengurangi sampah plastik yang selalu menjadi polemik lingkungan.

"Kita sadari sampah plastik ini selalu menumpuk di saluran air. Setiap kita bersihkan selalu banyak sampah plastik," kata Erni saat ditemui di Kantor Kelurahan Pademangan Barat, Kamis (14/2).

Jajarannya menyiasati hal itu dengan menyediakan dispenser air mineral, gelas kaca dan cangkir pada pelaksanaan Musrenbang kali ini. Terkadang juga gelas berbahan kertas yang limbahnya dapat manfaatkan untuk kreatifitas tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).

"Kalau gelas kertas bisa kita manfaatkan lagi. Jadi barang-barang kreatif oleh tim TP PKK," terangnya.

Dia berharap, apa yang dicontohkan ini dapat ditiru masyarakat, khususnya masyarakat Kelurahan Pademangan Barat. Sosialisasi serupa pun tak pernah berhenti dilakukan pada setiap pertemuan hingga tingkat RT/RW.

"Di setiap undangan acara apa saja selalu kita tulis di bawah suratnya untuk membawa Tumbler (wadah minum). Jadi peserta acara sudah mempersiapkan sebelumnya," tutupnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019