Pontianak  (ANTARA News) - Ketua KPU Kalimantan Barat, Ramdan?mengatakan, saat ini surat suara untuk pelaksanaan Pemilu 2019 mulai didistribusikan.

"Untuk pengiriman pertama ini, surat suara dikirim ke Kabupaten Sambas sebanyak 2.195.593 terdiri dari 3.737 kotak meliputi lima jenis surat suara mulai dari Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota yang ada di dapil Kabupaten Sambas," kata Ramdan di Pontianak, Jumat.

Dia mengatakan, sesampainya di Sambas, seluruh surat suara itu akan diamankan terlebih dulu, kemudian dimasukan ke gudang, dan akan dilakukan proses sortir dan lipat suara.

"Kondisi berikutnya yang kita tunggu, yang sudah terkonfirmasi dari pihak perusahaan yang akan dikirim per tanggal 18 Februari mulai diberangkatkan surat suara untuk Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ramdan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait dalam proses pengiriman suara suara di Kabupaten Sambas, baik Kapolda, Bawaslu dan para pihak yang ikut proses pengawalan.

"Untuk total keseluruhan surat suara untuk Kalbar sekitar 180 jutaan," kata Ramdan.

Dia mengatakan, seluruh surat suara diprediksikan datang pada 3 Maret 2019, dimana itu sudah terdistribusi ke seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalbar.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019