Padang (ANTARA News) - Longsor yang terjadi di ruas jalan yang menghubungkan Padang dan Solok, Sumatera Barat mengakibatkan arus lalu lintas di jalur tersebut sempat lumpuh total sekitar dua jam.

"Longsor di kawasan Pondok Bambu, Kelurahan Indarung, Lubuk Kilangan, Padang,  Sumbar pada Sabtu, sekitar pukul 14.45 WIB, sempat mengganggu akses jalan utama dari Padang menuju Solok yang merupakan jalan nasional," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya, di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan akses lalu lintas Padang menuju Solok sempat lumpuh total sekitar sepuluh menit, dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas hingga sekitar dua jam.

Material longsor yang berupa tanah, lumpur, dan pepohonan itu dipindahkan dengan peralatan manual dibantu warga setempat.

"Bersyukur tidak ada kendaraan yang melintas saat kejadian, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa," katanya.

Pihak kepolisian juga memberlakukan sistem buka-tutup demi menjaga kelancaran arus, sambil menunggu kedatangan alat berat.

Menurut salah seorang warga Syafril (50), sebelum longsor sempat terdengar suara keras dari lokasi.

Tim BPBD Kota Padang yang mendatangi lokasi tak lama usai kejadian, langsung bekerja membersihkan material yang menutupi badan jalan.

Pembersihan material dibantu satu unit alat berat akhirnya selesai sekitar pukul 16.30 WIB, dan arus lalu lintas berangsur normal baik bagi kendaraan yang datang dari Padang, ataupun yang datang dari arah Solok.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Padang, Sutan Hendra, mengimbau agar pengendara yang melintasi lokasi hingga ke kawasan Sitinjau Lawik, tetap berhati-hati saat hujan karena rawan longsor.

Sebelumnya, longsor terjadi akibat hujan yang mengguyuri daerah setempat sejak Sabtu (16/2) siang.

Baca juga: Sejumlah jembatan di Padang Pariaman ambruk dihantam arus sungai
Baca juga: WMO sebut Indonesia pemain penting pemantauan atmosfer global

Pewarta: Mario Sofia Nasution dan Fathul Abdi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019