Jakarta (ANTARA News) - Berbagai cara dilakukan para calon legislatif dalam memenangkan pemilu legislatif dan pemilihan presiden 2019, seperti yang dilakukan oleh Calon anggota legislatif (caleg) dari PDI Perjuangan Pulung Agustanto menggencarkan upaya memenangkan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin di Jakarta.

Dalam rilis yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan bahwa caleg DPR di daerah pemilihan DKI Jakarta III ini mengait warga Jakarta dengan menggunakan pendekatan pementasan pertunjukan wayang dalam pesta rakyat di kawasan berpenduduk padat.

Pulung yang merupakan politikus muda asal Yogyakarta itu menggandeng dalang kondang Ki Warseno Slenk guna menggelar pertunjukan wayang di Jalan Peternakan III RT 02/RW 003, Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (16/2) malam.

Kapuk merupakan kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak di DKI.Jakarta ini. Ribuan orang hadir menyimak pertunjukan wayang di lokasi yang dahulu merupakan kawasan peternakan itu.

Ki Warseno tak hanya mengenalkan Pulung sebagai caleg PDIP di dapil DKI Jakarta III, tetapi juga mengajaknya tampil dalam wayangan.

“Iki (ini, red) caleg cerdas, milenial, apa-apa bisa,” kata Warseno yang duduk menghadap geber.

Pulung langsung naik ke panggung tempat sinden dan "niyaga" (penabuh gamelan) ketika pertunjukan wayang dengan lakon Babad Wanamarta itu memasuki babak "goro-goro".

Mengenakan pakaian ala Gatotkaca, Pulung langsung terlibat perbincangan jenaka dengan komedian Marwoto Kawer yang hadir sebagai bintang tamu.

Misi Pulung dalam wayangan itu adalah mengajak masyarakat Kapuk memenangkan Jokowi- Ma’ruf.

“Bayangan ideal saya tentang presiden itu ya Pak Jokowi,” ujar Pulung.

Cucu kiai ternama di Muntilan, Magelang itu menuturkan, Jokowi adalah sosok pekerja keras, serta  sosok yang tulus dan sederhana.

“Putra putri Pak Jokowi juga tidak cawe-cawe soal politik, apalagi memperkaya diri lewat jabatan. Sederhana, bahkan anak-anak Pak Jokowi pilih jual martabak, pisang goreng. Menantunya malah buka warung kopi,” tutur Pulung.

Karena itu Pulung mengajak warga Jakarta Barat khususnya yang tinggal di Kapuk untuk memenangkan Jokowi.

“Milih Pak Jokowi sepindah malih nggih (pilih Pak Jokowi sekali lagi, ya, red), cocok?” ujar Pulung yang langsung ditimpali suara kor setuju oleh penonton.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan Capres, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Lestarikan wayang agar dikenal generasi muda

Baca juga: Ahok: majukan kesenian Jakarta dengan melatih anak rusun

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019