Medan  (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) harus menghindari berita yang tidak benar (hoaks), karena dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Mahasiswa diharapkan tidak perlu menanggapi berita bohong," kata Luhut saat menyampaikan kuliah umum bertema "Wawasan Kebangsaan Menuju Kedaulatan Pangan, Maritim Dan Daya Saing Bangsa Dalam Era Revolusi Industri 4.0."
kepada mahasiswa USU, di Auditorium USU Medan, Sumatera Utara, Senin. 

Mahasiswa sebagai kaum intelektual yang merupakan calon pemimpin bangsa, menurut dia, harus bisa menganalisis mana berita yang benar dan tidak benar demi kebaikan bangsa.

"Mahasiswa USU ke depan agar lebih maju, cerdas dan diharapkan bisa menjadi Menteri. Kalau boleh ada mahasiswa USU menjadi Menko Kemaritiman," tambah dia.

Luhut menyatakan, mahasiswa USU juga harus mampu menciptakan karya-karya ilmiah, dengan pemikiran yang cerdas dan memberikan inovasi baru bagi kemajuan USU dan bangsa yang lebih baik.

Ia mencontohkan, Fendi yang mampu menciptakan mobil karya sendiri. Hasil karya USU yang dinamakan Tim Horas itu akan mengikuti lomba di Jepang.

"Silahkan mahasiswa USU lainnya menampilkan karya-karya yang terbaik demi pembangunan bangsa dan negara," katanya.

Pemerintah melalui Kemenristekdikti akan memberikan dukungan terhadap mahasiwa yang memiliki prestasi dan menampilkan karya-karya terbaiknya, kata Luhut.


Baca juga: Luhut dorong mahasiswa manfaatkan LPDP hadapi industri 4.0
Baca juga: Tabloid Indonesia Barokah, Luhut anggap tidak sebarkan hoaks

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019