Pemprov DKI Jakarta berkomitmen membuka segala jenis terobosan yang memberikan dampak pada warga Jakarta, salah satunya sistem kelistrikan microgrid ini.    
Jakarta (ANTARA News) -Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menandatangani perjanjian kerja sama terkait pembangunan Ssstem koneksi jaringan kelistrikan Microgrid di Pulau Pramuka.
   
Penandatanganan berlangsung di Balairung, Balaikota Jakarta, Selasa yang bertujuan untuk menghadirkan teknologi jaringan pengelolaan kelistrikan,  dalam rangka penerapan energi yang efisien, handal dan ramah lingkungan sebagai solusi pemecahan masalah energi di Kepulauan Seribu.
     
"Alhamdulillah proses panjang ini memasuki babak baru. Kita berharap bersama ini memulai terobosan atas kebutuhan energi di Kepuaauan Seribu, karena masalah mendasar pulau adalah distribusi energi, sehingga membutuhkan teknologi yang mumpuni,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
   
Dia juga menyampaikan komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk terbuka menyambut segala jenis terobosan yang memberikan dampak pada warga Jakarta, salah satunya sistem kelistrikan microgrid ini.
   
“InsyaAllah teknologi yang dikerjakan ini memberikan solusi, dan kita di Pemprov DKI sangat terbuka atas terobosan yang diaplikasikan ke warga,” katanya.
   
Gubernur juga memaparkan, permasalahan yang ada di Kepulauan Seribu harus sesegera mungkin dicarikan solusi karena posisi Kepulauan Seribu yang juga berdekatan dengan pusat Pemerintahan.
   
“Jika kita berhasil menyelesaikan masalah ketersediaan energi di Kepulauan Seribu yang notabenenya dekat dengan pemerintahan pusat, maka kita bisa menyediakan energi ke seluruh pulau di Indonesia,” katanya.
     
Sementara itu, menurut Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material BPPT, Eniya Listiani Dewi menjelaskan, sistem koneksi jaringan microgrid diperlukan.
     
Untuk melayani beban kelistrikan di Kantor Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, RSUD Kepulauan Seribu dan SMA 69 Kepulauan Seribu. “Ini merupakan kerja sama BPPT dengan Chungbuk National University, Korea Koema Expert.
     
Dan akan dimulai di Pulau Pramuka guna menjaga beban energi di tempat-tempat rentan krisis energi, seperti rumah sakit, kantor pemerintah, dan sekolah,” tandasnya.
     
Sistem teknologi smart microgrid terdiri atas intelligent inverter yang dapat mengkonversikan sumber energi baru dan terbarukan untuk menyuplai beban listrik.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019