Kami akan kembangkan sayap, bukan hanya di kota, tapi termasuk kabupaten, dengan akses yang bagus, dan ramah terhadap investasi
Malang (ANTARA News) - PT Trans Retail Indonesia yang memiliki gerai Transmart di 127 lokasi di seluruh Indonesia, tengah mengincar peluang investasi di berbagai wilayah kabupaten yang ada di Indonesia, termasuk di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Vice President Corporate Communication Transmart Carefour Satria Hamid di Kota Malang, Jumat, mengatakan pihaknya sangat berharap bisa mendapatkan peluang untuk berinvestasi di berbagai wilayah kabupaten yang perekonomiannya tumbuh, dan bukan hanya di wilayah perkotaan.

"Kami mencari daerah yang tumbuh, tidak hanya di perkotaan. Tapi jika di kabupaten ada peluang, kami akan masuk, termasuk di Kabupaten Malang," kata Satria, seusai menghadiri peresmian Transmart MX Malang, di Kota Malang, Jumat.

Satria menjelaskan, untuk berinvestasi di suatu daerah, hal yang paling perlu diperhatikan adalah terkait akses infrastruktur. Bisnis ritel modern, tidak lepas dari perlunya akses infrastruktur yang memadai, supaya tidak menimbulkan biaya tinggi dalam distribusi barang.

Selain itu, juga daerah-daerah yang ramah terhadap investasi. Ramah investasi dalam arti, para investor mendapatkan kemudahan-kemudahan namun tetap sesuai dengan regulasi yang ada. Dengan masuknya investasi ke suatu daerah, maka dampak ekonomi kepada masyarakat bisa langsung dirasakan.

Sebagai salah satu contoh, lanjut Satria, pihaknya telah melakukan investasi untuk membuka Transmart MX Malang, dan mampu menyerap kurang lebih 1.000 tenaga kerja, yang berasal dari wilayah Kota Malang.

"Kami akan kembangkan sayap, bukan hanya di kota, tapi termasuk kabupaten, dengan akses yang bagus, dan ramah terhadap investasi," kata Satria.

Membuka peluang investasi bagi ritel modern tentunya harus memperhatikan keberlangsungan para pelaku usaha kecil, seperi sektor Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM). Ritel modern, sudah seharusnya menggandeng UMKM, supaya bisa memperluas akses pasar.

Diharapkan, kehadiran ritel modern di tiap-tiap daerah, bukan mematikan UMKM-UMKM yang ada, akan tetapi justru mendorong usaha kecil tersebut untuk berkembang dan tumbuh.

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019