Muntok, Babel (ANTARA News) - Komite Musik Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan pementasan orkes melayu untuk memperkaya referensi bermusik para musisi muda di daerah itu.

"Melalui pementasan orkes melayu bertema syahdu merayu ini kami harapkan bisa memberikan hiburan sekaligus menambah perbendaharaan bermusik kawan-kawan musisi muda lokal," kata Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno di Muntok, Senin (25/2).

Pementasan orkes melayu dengan menampilkan para musisi dari Bobong Project tersebut akan digelar pada Rabu (27/2) di pelataran Museum Timah Indonesia Muntok, mulai pukul 19.30 WIB.

"Kami berharap kegiatan rutin bulanan dari dewan kesenian ini bisa memperkaya referensi berkesenian masyarakat, terutama mereka yang menyukai seni musik," kata dia.

Orkes melayu yang akan ditampilkan pada pementasan itu akan dimainkan kelompok Bobong Project dengan iringan alat musik antara lain gitar, akordion, gambus dan lainnya.

Saat ini orkes melayu masih berkembang di pantai timur Pulau Sumatera, semenanjung Malaysia, Palembang, Singapura hingga sebagian daerah di Pulau Kalimantan

Melalui pementasan perdana tersebut diharapkan ke depan generasi muda memiliki ketertarikan dalam melestarikan budaya yang ada.

"Meskipun akan dikemas secara kreatif sesuai dengan zamannya, namun kami harapkan para pegiat musik lokal tetap mampu mempertahankan budaya yang ada," katanya.

 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019