Kami membuat program santri pranuer ini, karena ingin mendorong para santri untuk melihat kesempatan-kesempatan dalam usaha
Cirebon (ANTARA) - Program santri preneur dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) upaya untuk mendorong mereka agar bisa melihat kesempatan dalam usaha yang akan dikerjakan nanti, kata Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Kami membuat program santri pranuer ini, karena ingin mendorong para santri untuk melihat kesempatan-kesempatan dalam usaha," kata Menteri Rini di Cirebon, Kamis.

Rini menginginkan para santri atau anak muda bisa kreatif dan juga inovatif, agar semua bisa dijadikan peluang usaha yang bisa mendatangkan pemasukan bagi dirinya dan orang lain.

Dia melanjutkan inovasi dan kreativitas saat ini menjadi modal utama pelaku usaha terutama di negara maju. Dan ini harus bisa dilakukan juga oleh kaum santri.

"Kami mendorong anak-anak muda ini untuk betul-betul harus bisa kreatif dan inovatif," tuturnya.

Karena kalau melihat di negara-negara lain, terutama negara maju lanjut Rini, sekarang ini yang diutamakan inovasi dan kreativitas.

"Jadi banyak sekali pemuda-pemuda yang dari enol bisa sukses karena inovasi mereka," lanjutnya.

Rini yakin para santri memiliki potensi yang bisa dikembangakan terutama dalam hal usaha kreatif dan inovatif.

"Saya yakin (potensinya) besar, karena kemaren saya lihat ribuan santri di Bandung, ternyata banyak yang kreatif, baik dibidang makanan, baju dan bermacam-macam lainnya," katanya.

Baca juga: Menteri Rini sebut aset BUMN naik hampir dua kali lipat
Baca juga: Menteri Rini kenalkan LinkAja ke 1.500 santri Pesantren Buntet

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019