Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Batam, Kepulauan Riau mensosialisasikan pemilu dengan menggelar festival band bertajuk "Pemilih Berdaulat Negara Kuat" untuk menyasar pemilih pemula.

"Ada 9 peserta yang ikut, masing-masing peserta harus membawakan lagu wajib jingle pemilu 2019 dan satu lagu bebas," kata Komisioner Bidang Teknis KPU Batam, Zaki Setiawan di Batam, Minggu.

Ia mengatakan, dalam festival yang bekerja sama dengan Finger Fast itu, pemenang pertama, kedua, dan ketiga mendapatkan tropi, piagam penghargaan, dan uang tunai dengan nilai total Rp10 juta.

Zaki Setiawan yang juga menjadi juri dalam kegiatan itu mengatakan festival band merupakan upaya KPU Batam untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Batam.

"Mengingat pemilu 17 April 2019 semakin dekat, sehingga sosialisasi ke seluruh elemen masyarakat, terutama pemilih pemula, perlu semakin gencar dilaksanakan," kata dia.

KPU berharap, melalui sosialisasi yang masif, maka banyak masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih, antusias menggunakan hak pilihnya.

Festival band, lanjut Zaki, cukup efektif untuk menyasar pemilih milenial, agar mendapatkan informasi yang utuh dan benar tentang pemilu, sehingga tidak terjebak informasi hoaks.

Pemilih milenial juga diharap sadar akan hak politiknya, serta dapat digunakan dengan baik untuk memilih calon-calon yang diinginkannya.

"Pemilih milenial ini jumlahnya cukup besar di Batam. Untuk meyakinkan mereka, perlu sosialisasi yang menarik dan bisa mewadahi kreativitas generasi muda, salah satunya melalui musik," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengakui bahwa musik semakin banyak digemari generasi milenial di Batam, terlihat dengan menjamurnya para pemusik dan kelompok-kelompok musik di berbagai tempat.

Selain sebagai ajang mensosialisasiken Pemilu, ia berharap kegiatan itu juga mampu meningkatkan kesadaran pariwisata masyarakat.

"Festival-festival band dan konser musik ini masuk kategori atraksi dalam kepariwisataan Batam. Semoga melalui festival-festival ini bisa melahirkan pemusik-pemusik Batam yang mampu berkiprah hingga tingkat internasional," kata dia.

 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019