Serang, Banten (ANTARA News) -- Yayasan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) memfasilitasi Itsbat Nikah bagi 60 pasangan kurang mampu di kota Serang, Banten.

"Kami sangat bersyukur, dengan difasilitasi Yayasan IKI perkawinan kami sekarang sah menurut Negara. Urusan anak anak bisa lancar dengan memiliki akta kelahiran," ujar Sadeli dan Supriah, salah satu pasangan Itsbat Nikah yang berasal dari Kec. Curug, Serang, Banten, yang sudah "kawin" sejak tahun 1993.
 
Program Itsbat Nikah merupakan kerjasama antara IKI dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang, Pengadilan Agama, dan Kementrian Agama kota Serang, yang dipusatkan di kantor Disdukcapil Kota Serang, Selasa.
 
Sementara itu, Ketua II IKI, Drs KH Saifullah Ma’shum M.Si, mengatakan program Itsbat Nikat merupakan bentuk keprihatinan pihaknya atas begitu banyaknya pasangan yang statusnya belum sah meskipun sudah menikah selama bertahun-tahun.

“Kami  sangat prihatin terhadap kondisi banyaknya warga yang sudah terikat tali perkawinan namun pernikahannya tidak dicatatkan atau di-sahkan oleh Negara. Hal ini akan berimplikasi pada penerbitan akta kelahiran anak-anaknya dan hak-hak keperdataan yang melekat pada anak keturunannya."
 
Hingga saat ini, lanjut Saifullah, belum ada data pasti tentang jumlah pasangan yang tidak memiliki Buku Nikah, namun diperkirakan masih terdapat jutaan pasang warga yang perikat perkawinan, namun pernikahannya belum dicatatkan secara sah oleh Negara. Tahun ini IKI memfasilitasi Itsbat Nikah di beberapa daerah seperti, Kab Blora, Kab Lebak, Kab Bandung Barat, dan Kota Serang.
 
“Kami berharap, Pemerintah sesegera mungkin mencari solusi tentang masalah ini. Perlu kebijakan bahwa Itsbat Nikah dengan biaya yang murah”, lanjut Saifullah Ma’shum.
 
Ipiyanto, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang, merasa terbantu dengan hadirnya Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) di Kota Serang. “Sampai saat ini sudah lebih dari 15.000 akta kelahiran warga masyarakat kurang mampu yang difasilitasi IKI diterbitkan Dukcapil Kota Serang. Semoga IKI terus berkarya di Kota Serang menjadi partner kerja kami.”
 
Hadir dalam acara tersebut, Walikota Serang Syafruddin,  Ipiyanto dan Staf  dari Dukcapil, utusan dari Pengadilan Agama  H Dalih Effendy, Kemenag kota Serang H Kosasih, dan dari IKI hadir KH Saifullah Ma’shum didampingi Peneliti Senior, Prasetyadji dan  Swandy Sihotang.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019