Rencananya apel gelar pasukan dilaksanakan serentak pada 22 Jumat (22/3) di seluruh Indonesia, baik di Polda maupun di Polres-Polres
Manado (ANTARA) - Polda Sulawesi Utara akan melaksanakan apel gelar pasukan menjelang tahapan pelaksanaan rapat umum atau kampanye terbuka Pemilu 2019.

"Rencananya apel gelar pasukan dilaksanakan serentak pada Jumat (22/3) di seluruh Indonesia, baik di Polda maupun di Polres-Polres," kata Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Ibrahim Tompo, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan tersebut, akan diawali dengan video conference (Vicon) bersama Kapolri .

Kemudian dilanjutkan dengan apel gelar pasukan dan peragaan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Dalam kegiatan itu juga akan dilaksanakan deklarasi oleh segenap potensi masyarakat dalam menyukseskan Pemilu damai 2019.

"Rencananya kegiatan digelar di lapangan KONI Sario Manado dengan melibatkan ribuan personel pengamanan bersama segenap potensi Masyarakat yang ada," katanya.

Dalam apel gelar pasukan nantinya, Polda Sulut akan menurunkan sekitar 1.735 personel yang terdiri dari gabungan fungsi Kepolisian yang ada, ditambah personel dari Polresta Manado.

Selain itu juga akan melibatkan personel TNI gabungan dari AD, AL, AU dan stakeholder terkait serta segenap potensi masyarakat yang ada.

Selain penggelaran pasukan, juga akan digelar kendaraan dan peralatan Alut dan Alsus yang dimiliki, baik oleh Polri, TNI maupun stakeholders terkait lainnya.

"Dalam dua hari kedepan kita akan melaksanakan gladi kesiapan dan Sispamkota. Kepada masyarakat, diharapkan agar membantu aparat dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2019," kata Tompo.

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019