Jayapura (ANTARA) -
Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Papua mengklaim 10 kabupaten di wilayahnya hingga kini belum melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Elias Wonda, di Jayapura, Rabu, mengatakan 10 kabupaten tersebut yakni Puncak Jaya, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Nduga, Lanny Jaya, Dogiyai, Yalimo dan Intan Jaya.

"Sedangkan 19 daerah lainnya di Papua yang sudah melaksanakan UNBK antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Supiori dan Waropen," katanya.

Menurut Elias, beberapa masalah yang sering dihadapi di kabupaten yang belum melaksanakan UNBK misalnya belum tersedianya akses internet memadai di sebagian wilayah pedalaman dan mengakibatkan proses pendataan berjalan lancar.

"Selain itu, sebagian kabupaten tersebut juga belum ada satuan pendidikan yang memiliki sarana UNBK seperti komputer, listrik dan internet," ujarnya.

Dia menjelaskan permasalahan-permasalahan seperti ini perlu ditangani agar di masa yang akan datang tidak terjadi lagi sehingga pelaksanaan UNBK dapat diterapkan di seluruh kabupaten/kota di Papua.

"Untuk itu, kami juga mengharapkan dukungan DPR Papua guna mendukung upaya penyediaan akses internet (vsat) di titik-titik distrik yang belum memiliki akses," katanya.

Dia menambahkan tidak hanya itu, pihaknya juga mengharapkan penyediaan peralatan laboratorium komputer lengkap dengan listrik (solar sel) dan internet (vsat) untuk sekolah di ibu kota kabupaten yang belum melaksanakan UNBK.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019