Teheran (ANTARA) - Presiden Iran Hassan Rouhani di dalam suratnya menyampaikan ucapan selamat kepada Turki sehubungan dengan keberhasilan penyelenggaraan pemilihan lokal dan kota praja.

Di dalam suratnya kepada timpalannya dari Turki Recep Tayyip Erdogan, Rouhani menggambarkan pemilihan umum baru-baru ini sebagai tanda keikutsertaan rakyat Turki dalam menentukan nasib mereka dan demokrasi.

Sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Iran, IRNA --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi, ia juga mendoakan teman dan sahabat Turki memperoleh kegembiraan dan kedaulatan.

Pada Ahad (31/3), rakyat di Turki memberi suara mereka untuk memilih pejabat lokal, termasuk wali kota dan anggota Dewan Kota.

Ada 1.397 kotapraja di seluruh 18 provinsi Turki yang kebanyakan berafiliasi kepada partai yang memerintah, Partai Keadilan dan Pembangunan (AK).

Dalam pemungutan suara pada Ahad, 1.389 calon ikut dan pejabat untuk 30 kota metropolitan, 51 provinsi, 922 kota kecil dan 386 kabupaten akan ditentukan.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasemi di dalam satu pesan mengucapkan selamat kepada Turki, dan mengatakan demokrasi di semua negara regional adalah jaminan bagi kestabilan, keamanan dan kemerdekaan di wilayah itu.

Baca juga: Partai AK klaim menang dalam pemilihan wali kota Istanbul

Baca juga: Menang pemilu, Erdogan janji lanjutkan operasi militer di Suriah


Sumber: IRNA

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019