Bengkulu (ANTARA) - Para polisi hutan dan pawang gajah di Pusat Latihan Gajah Taman Wisata Alam (TWA) Seblat, Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu menemukan habitat baru bunga langka dilindungi Rafflesia sp di wilayah konservasi itu.

“Para mahout atau pawang gajah yang sedang patroli menemukan titik habitat baru yang selama ini belum pernah diketahui sebagai habitat bunga langka Rafflesia sp,” kata Koordinator Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat, Damin di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan dari bentuk fisik, bunga langka tersebut terlihat berbeda dengan spesies Rafflesia arnoldii terutama dari sisi warna dan ukuran bunga.

Bunga Rafflesia arnoldii menurut dia memiliki warna merah jingga dengan ukuran yang lebih besar bahkan mencapai diameter 90 centimeter, sedangkan bunga Rafflesia sp yang ada di TWA Seblat tersebut memiliki warna merah pucat dengan diameter lebih kecil hanya 43,6 centimeter.

“Perlu penelitian khusus untuk memastikan apakah jenis yang kami temukan ini berbeda dengan Rafflesia arnoldii atau dengan jenis lain seperti Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia kemumu,” ujarnya.

Lokasi bunga menurut dia cukup muda dijangkau dengan berjalan kaki sejauh 3,6 kilometer dari camp gajah yang berada di dalam TWA Seblat.

Menurut Damin, penemuan habitat bunga langka dilindungi ini menjadi sangat penting untuk menambah kekayaan flora dan fauna yang ditawarkan kepada wisatawan penggemar alam bebas.

“Selain melihat dan berinteraksi langsung dengan gajah Sumatera, di wilayah ini juga bisa dinikmati habitat bunga langka Rafflesia sp,” ucapnya.

Selain satu bunga yang sedang mekar sempurna, di lokasi itu juga masih terdapat sejumlah bonggol atau calon bunga yang siap mekar dalam beberapa hari ke depan.

Berdasarkan data Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu saat ini terdapat empat spesies Rafflesia sp yang tumbuh di kawasan hutan Bengkulu yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis dan Rafflesia kemumu.

Baca juga: Bunga Raflesia ditemukan warga di hutan Langkat-Sumut
Baca juga: BKSDA Sumatera Barat temukan populasi bunga raflesia di Sigantang
Baca juga: Bengkulu ajak warga lestarikan habitat rafflesia arnoldii


Pewarta: Helti Marini S
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019