Pengerjaanya sudah kita mulai dan kami targetkan bisa rampung pada Agustus nanti
Makassar (ANTARA) - PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar kini fokus merampungkan kapal teras pesanan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang diharapkan bisa beroperasi mulai Agustus 2019

Direktur Utama PT IKI Edy Widarto di Makassar, Selasa, mengatakan kapal teras BRI ini akan dilengkapi berbagai fasilitas layaknya bank seperti mesin ATM, brankas dan teller juga disiapkan guna melayani masyarakat khususnya di kawasan timur Indonesia (KTI).

"Pengerjaanya sudah kita mulai dan kami targetkan bisa rampung pada Agustus nanti," katanya.

Kapal yang tengah dalam pengerjaan ini sendiri melengkapi dua kapal teras BRI yang lebih dulu beroperasi di Kepulauan Seribu dan Labuan Bajo. Termasuk rencana penambahan satu kapal di Kepulauan Riau.

Ia menjelaskan kapal teras BRI yang merupakan bank terapung atau berjalan ini sengaja dihadirkan untuk menjangkau dan melayani masyarakat yang belum memiliki akses ke perbankan atau di lokasinya belum terdapat bank.

Untuk ukurannya sendiri, kata dia, yakni 27 meter yang dianggap mampu melalui jalur-jalur sulit di kawasan timur Indonesia. Kecepatan yang mencapai 15 knot juga dianggap cukup untuk dapat mengakses wilayah-wilayah di Tanah Air khususnya di Kepulauan Halmahera.

"Jadi seperti bank terapung yang bisa diakses masyarakat yang membutuhkan layanan perbankan. Kita sudah komitmen untuk saling bersinergi," ujarnya.

Baca juga: BRI targetkan buka 560 "outlet" Teras BRI Digital

Baca juga: Rini: "Teras BRI Digital" tingkatkan pendapatan pedagang

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019