PP Iptek hadirkan wahana baru inovasi Indonesia dan dunia digital

id Indonesia science day 2019,wahana baru sains,tmii,pp iptek,dunia digital

Warga mencoba alat peraga yang disediakan PP Iptek (Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) di TMII. Pameran alat peraga tersebut untuk mengedukasi dan mengenalkan kepada masyarakat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama/18

Jakarta (ANTARA) - Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan Teknologi (PP-Iptek) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menghadirkan dua wahana baru, yakni Wahana Inovasi Indonesia dan Wahana Digital World di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Science Day 2019.

"Kita punya dua lagi wahana baru. Saya berpikir orang tertarik pada fenomena sains," kata Direktur Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan Teknologi (PP-Iptek) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristedikti) Mochammad Syachrial Annas di Jakarta, Jumat.

Pada Wahana Inovasi Indonesia, ada berbagai macam fenomena sains, antara lain gaya dan aliran listrik yang dapat disaksikan oleh para pengunjung terutama untuk  anak-anak.

 Pengunjung juga dapat melihat fenomena parabolik, demonstrasi roket air dan bom pada Indonesia Science Day 2019.

Indonesia Science Day 2019 diadakan pada 25-28 April 2019 di Gedung PP-Iptek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Pada Wahana Digital World, pengunjung dapat menyaksikan berbagai perkembangan dunia digital termasuk permainan (game) virtual reality, serta bermain dengan kamera.

Pada wahana itu. pengunjung dapat duduk di satu tempat, lalu binatang-binatang kutub menghampiri pengunjung itu, namun fenomena itu hanya dapat dilihat melalui lensa kamera.

Dalam rangkaian kegiatan ISD 2019, PP-IPTEK juga menjalin kerja sama dengan berbagai Instansi dan perguruan tinggi dalam mengadakan lokakarya, talkshow, dan lomba.

Ada juga berbagai kegiatan interaktif iptek di antaranya pertunjukan iptek, Sanggar Kerja Sains, Demonstrasi Roket Air, Peneropongan Matahari, Hidroponik yang merupakan program sains reguler PP-IPTEK, dapat disaksikan dan dipraktekkan langsung oleh pengunjung selama kegiatan ISD 2019 berlangsung.

Melalui kunjungan dan partisipasi dalam berbagai kegiatan ISD 2019, anak-anak diharapkan berlomba-lomba untuk masuk jurusan IPA dan mengembangkan iptek.

"Dari produk-produk inovasi yang mereka lihat, mereka bisa terinspirasi untuk menjadi kreatif dan mencintai iptek," tuturnya.

 
Baca juga: Indonesia Science Day diikuti 52 perguruan tinggi pamerkan inovasi
Baca juga: Indonesia Science Day 2019 dorong pemberdayaan iptek sejak usia dini

 

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar