Malang (ANTARA) - Inovasi lelang kinerja yang digagas Wali Kota Malang Sutiaji ketika mengawali masa pemerintahannya mengantarkan pasangan Sofyan Edi Jarwoko dalam Pilkada Kota Malang 2018 itu menerima penghargaan Government Award 2019 untuk kategori inovasi birokrasi.

Penghargaan Government Award 2019 dari Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo itu diserahkan kepada Wali Kota Malang Sutiaji di Jakarta, Selasa (30/4) bersama 30 kepala daerah lain yang dinilai berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan pembangunan di daerah masing-masing.

Wali Kota Malang Sutiaji merancang lelang kinerja ini merupakan sesuatu yang baru dan pertama di Indonesia. "Program lelang kinerja bertujuan mengukur secara tepat target-target kinerja yang dibuat setiap organisasi perangkat daerah (OPD)," kata Sutiaji seperti dikutip dari siaran pers yang diterima di Malang, Jawa Timur, Rabu.

Dalam mengukur kinerja OPD yang dipaparkan dalam lelang kinerja, wali kota dan tim penguji mencoba menerapkan pendekatan tematik, holistik dan integratif.

"Harapan kami dengan meraih penghargaan ini, apa yang sudah di dokumentasikan juga bisa dilaksanakan dengan baik. Penghargaan ini harus menjadi cambuk bagi kita agar apa yg telah kita targetkan dapat tercapai. Muaranya tentu saja sebagai peningkatan kualitas kinerja aparatur sipil negara (ASN) demi memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat," tutur Sutiaji.

Saat menerima penghargaan yang diserahkan di Hotel Borobudur Jakarta tersebut, Sutiaji didampingi Sekda Kota Malang Wasto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Abdul Malik, Kepala BPKAD Sapto P Santoso, Kepala Barenlitbang Erik Setyo Santoso, serta Kahumas Pemkot Malang Muhammad Nurwidianto.

Pelaksanaan government award tahun ini merupakan yang ke-6, sejak tahun 2014. Tahun 2018 lalu kota malang juga menerima goverment award dalam kategori bidang lingkungan.

Prestasi yang baru diraih ini, melanjutkan raihan prestasi dengan berbagai inovasi yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang.

Penilaian penghargaan tahun ini memperhatikan keaslian ide, kelembagaan yang menangani inovasi, perangkat aturan yang digunakan untuk menjamin inovasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, bahkan inovasi itu mendatangkan keunggulan daya saing daerah dan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat.

Sutiaji mengatakan lelang kinerja yang digagas pada awal kepemimpinannya merupakan sesuatu yang baru dan pertama Indonesia dan menjadi percontohan nasional. Bahkan, pada 2020 program lelang kinerja tersebut akan diterapkan secara nasional.

 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019