Stabilisasi terjaga karena bertepatan dengan panen raya bawang merah dan cabai di sentra-sentra besar selama Mei-Juni 2019
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi memastikan stok dan pasokan komoditas utama yakni cabai dan bawang cukup memenuhi kebutuhan menjelang Ramadhan ini.

Ia menjelaskan pasokan dan stabilisasi harga dua komoditas tersebut akan terjaga karena bertepatan dengan panen raya bawang merah dan cabai di sentra-sentra besar selama Mei-Juni 2019.

Dengan demikian, inilah yang menjadi faktor utama penyebab kepastian pasokan dan harga kedua komoditas tersebut.

"Saat ini petani di Semarang lagi panen cabai besar 500 hektare dan cabai rawit 375 hektare pada bulan Mei ini. Demikian juga Juni masih panen yang sama sehingga siap dan cukup untuk memasok Jakarta," kata Suwandi yang memantau panen dan pasokan cabai di Kabupaten Semarang, melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Suwandi menyebutkan dari hasil pantauan langsung di lapangan, harga cabai rawit di petani Rp15.000 per kg dan cabai keriting Rp10.500 per kg. Artinya ada disparitas harga di petani dengan di pasar induk jakarta sekitar 30 persen.

Terkait bawang putih, Kementan bersama dengan Kemendag memastikan pasokan akan segera normal seiring dengan mulai diterbitkannya surat persetujuan impor kepada beberapa importir. Untuk mengamankan pasokan selama tiga bulan ke depan, bawang putih yang diimpor sebesar 115.000 ton.

Lebih lanjut Suwandi menuturkan pasokan bawang merah saat ini sudah kembali normal. Harga di pasar induk sudah di bawah Rp20.000 per kg dan sentra-sentra besar seperti Brebes, Nganjuk, Demak, Grobogan hingga Bima saat ini sudah memasuki panen.

Adapun dari hasil pemantauan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019), harga cabai, bawang merah dan bawang putih terpantau stabil alias tidak mengalami penurunan maupun kenaikan signifikan.

Pasokan yang masuk ke pasar Induk Kramat Jati sebanyak 48 ton untuk cabai merah keriting dengan harga Rp17.000 per kg, 12 ton cabai merah besar (TW) dengan harga Rp28.000 per kg, 63 ton cabai rawit merah dengan harga Rp20.000 per kg, 23 ton cabai rawit hijau dengan harga Rp13.000 per kg dan 94 ton bawang merah dengan harga Rp20.000 per kg.

"Kalau untuk cabai rawit kita dapat dari daerah Rembang dan Muntilan, karena daerah tersebut sedang panen serentak sehingga dapat dikatakan pasokan untuk menghadapi puasa dan lebaran aman," kata Jiman, salah satu pedagang besar cabai rawit di Pasar Kramat Jati.

Secara umum, harga aneka cabai stabil dan cenderung rendah dikarenakan panen yang serentak di daerah Jawa Tengah. Harga cabai rawit merah berkisar Rp18.000-20.000 per kg, cabai rawit hijau Rp13.000-15.000 per kg, cabai merah keriting Rp15.000-17.000 per kg, dan cabai merah besar Rp28.000 per kg.

Pun dengan bawang merah, harga cenderung stabil untuk kualitas super harganya sekitar Rp22.000 per kilogram, sementara kualitas sedang Rp15.000 per kg dan bawang giling Rp5.000 per kg.

Kementan menyebutkan saat ini sedang terjadi panen bawang merah di daerah seperti Brebes, Demak, Purwodadi, dan Nganjuk. Oleh karenanya, kebutuhan cabai dan bawang Ramadhan hingga Lebaran dipastikan aman.

Baca juga: Kemendag: Bawang putih impor siap banjiri pasar jelang Ramadhan
Baca juga: Stok beras Cipinang dipastikan aman selama bulan puasa

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019