Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah pada Jumat (3/5) menyelesaikan pleno rekapitulasi suara pemilihan umum 2019 di tingkat kota setempat.

"Tahapan rekapitulasi tingkat Kota Palangka Raya telah kita laksanakan sejak 1 Maret berjalan lancar. Pleno hari ini yang kita prediksi akan alot pun juga berjalan lancar. Semua yang dibacakan sesuai dengan data para saksi," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriyah, Jumat sore.

Dia menambahkan, kelancaran pleno rekapitulasi suara pemilu 2019 itu tak lepas dari peran penyelenggara tingkat PPS dan PPK. Semua permasalahan pemungutan suara dan perhitungannya pun dapat selesai di tingkat kecamatan.

Selanjutnya terkait hasil pleno rekapitulasi suara tingkat kota, pihaknya akan membawa hasil rekapitulasi suara pemilu 2019 tingkat Kota Palangka Raya pada pleno rekapitulasi surat suara tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Hasil rekapitulasi suara tingkat kota akan kita bawa ke pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi yang akan dilaksanakan besok (Sabtu, 4/5)," kata Ngismatul disela pleno rekapitulasi suara pemilu 2019 di aula Disbudpar kota setempat.

Pihaknya pun mengapresiasi kinerja PPS dan PPK yang telah bekerja keras menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar bagi warga negara Indonesia itu. Berkat kerja keras para penyelenggara pemilu serta pihak terkait lainnya pelaksanaan pemilu di kota kita berjalan lancar dengan suasana tetap kondusif.

"Terkait siapa caleg yang terpilih, KPU tidak akan memprediksi kita tunggu pengumuman resmi saja. Penetapannya kita lakukan setelah ada rilis MK bahwa KPU kota tak ada gugatan dari peserta pemilu," katanya.

Sementara itu, berdasar pantauan, jalannya pleno rekapitulasi suara tingkat Kota Palangka Raya berlangsung terbuka itu dijaga ketat oleh aparat keamanan.

Masyarakat pun diimbau tetap menjaga suasana tetap kondusif dan tidak melakukan perbuatan yang berpotensi menimbulkan kegaduhan dan gangguan kamtibmas serta sabar menunggu hasil resmi pemilu dari KPU.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019