Palembang (ANTARA) - Hilal di Kota Palembang tertutup awan, namun sudah terlihat berdasarkan pantauan tim Kementerian Agama Kantor Wilayah Sumatera selatan.

"Matahari tenggelam pukul 17:58:40 WIB dengan ketinggian hilal di Palembang pada sore ini 5 derajat 46 menit 27 detik di atas ufuk Mar'i," kata Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Alfajri Zabidi saat memberikan keterangan pers, Minggu petang.

Menurutnya Azimut Matahari terbenam 16 derajat 12 menit 22 detik di Utara titik barat dan azimut bulan terbenam 13 derajat 48 menit 21 detik di Utara titik barat.

Dia menjelaskan hisab hilal rukyah sudah di atas ufuk, maka hilal pada sore ini kemungkinan dapat di-rukyat, namun memang di Kota Palembang kemungkinan tidak dapat dirukyat karena pengaruh cuaca.

"Oleh karena itu hilal sudah di atas dua derajat dan tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriah diperkirakan jatuh pada hari Senin 6 Mei 2019," ujar Alfajri.

Hasil pantauan tersebut langsung disampaikan ke Kemenag RI direktur urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah penetapan 1 Ramadhan untuk menjadi bahan penetapan Kemenag RI.

"Penetapan 1 Ramadhan 1439 H yang ada kaitan dengan ibadah puasa Ramadhan tetap menunggu hasil sidang isbat pemerintah pusat," demikian Alfajri.

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019