Manado (ANTARA) - Ratusan personel Polri dan TNI melakukan pengamanan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil pemungutan suara tingkat Provinsi Pemilihan Umum tahun 2019 yang dilaksanakan KPU Sulawesi Utara (Sulut), di Manado, Senin.

Pengamanan ketat dilakukan saat pengunjung akan memasuki area Hotel Peninsula Manado tempat pelaksanaan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut tersebut.

Kendaraan roda dua maupun roda empat yang akan masuk ke hotel itu, dilakukan pemeriksaan oleh petugas Polri dan TNI yang telah berada di portal atau jalan masuk hotel.

Pemeriksaan juga dilakukan kepada setiap peserta maupun undangan rapat pleno yang sudah memakai id card untuk masuk ke dalam ruangan rapat.

"Sebelumnya telah melaksanakan rapat pengamanan Sabtu (4/5), dan aparat keamanan total untuk mengamankan pelaksanaan rekapitulasi," kata Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjantio usai menghadiri pembukaan rapat pleno KPU tersebut.

Kapolda mengharapkan semua stakeholder membantu untuk ketertiban kelancaran dan penghitungan tingkat provinsi. "Semuanya sabar untuk menunggu hasil sidang pleno nanti," katanya.

Ia mengatakan personel yang melakukan pengamanan cukup, baik di ring luar hotel maupun di dalam hotel.

"Personel akan melakukan pengamanan hingga selesainya rapat pleno tersebut," katanya.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan dalam pengamanan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil pemungutan suara tingkat Provinsi Pemilihan Umum tahun 2019, Polda Sulut menurunkan sekitar 419 personel.

Jumlah itu belum termasuk personel Polresta Manado dan TNI.

Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil pemungutan suara tingkat Provinsi Pemilihan Umum tahun 2019, dijadwalkan berlangsung selama tiga hari dari 6 - 8 Mei 2019.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019