Gorontalo (ANTARA) - Empat partai politik (parpol) peraih suara terbanyak untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, periode 2019-2024 dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Data hasil rekapitulasi penghitungan dan penetapan suara dalam Pemilu 2019 tingkat Provinsi Gorontalo, di Gorontalo, Rabu, menyebutkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak 13.671 suara di urutan pertama.

Disusul Partai Nasdem sebanyak 12.677 suara di posisi kedua, Partai Golkar 12.361 suara di posisi ke tiga dan Partai Amanat Nasional (PAN) di posisi ke empat meraih 8.205 suara.

Perolehan suara tersebut otomatis merubah unsur pimpinan DPRD Kabupaten, termasuk alat kelengkapannya.

PDIP yang sebelumnya menempati posisi Wakil Ketua II DPRD, didukung tiga kursi, pada Pemilu 2019 berhasil meraih enam kursi atau unggul dari Partai Golkar yang hanya meraih empat kursi.

Partai Golkar yang sebelumnya menempati kursi Ketua DPRD Gorontalo Utara didukung lima kursi, juga ditaklukkan Partai Nasdem yang berhasil meraih lima  kursi atau lebih baik dari kondisi sebelumnya yang belum memiliki keterwakilan di parlemen tersebut.

Nasdem berhasil meraih kursi Wakil Ketua DPRD I, dengan selisih 994 suara dari PDIP dan selisih 316 suara dari Golkar.

Sementara PAN, pada Pemilu 2019, hanya menempati posisi ke empat suara terbanyak atau berkurang dari Pemilu 2014 yang meraih lima kursi, kini hanya meraih empat kursi.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Sofyan Jakfar, mengatakan, pihaknya telah rampun melakukan pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan penetapan suara tingkat Provinsi Gorontalo.

Saat ini, pihaknya sementara mengikuti rapat koordinasi persiapan dan pemantapan yang digelar KPU Provinsi, dalam rangka pleno rekapitulasi penghitungan dan penetapan suara tingkat nasional pada 22 Mei mendatang.

Baca juga: Partai Nasdem raih lima kursi untuk DPRD Gorontalo Utara
Baca juga: Pemilu 2019 dinilai berhasil dari segi partisipasi pemilih

 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019