Padang, (ANTARA) - Dua kader Partai Barkarya Helmi Moesim dan Zalmadi diprediksi lolos ke DPRD Kota Padang, Sumatera Barat setelah berhasil mendulang suara yang cukup signifikan pada pemilu legislatif pada Rabu 17 April 2019.

Kader Partai Berkarya Helmi Moesim di Padang, Kamis mengatakan keberhasilan ini merupakan suatu hal yang luar biasa karena sebagai partai baru mampu mengirim dua kader terbaiknya ke DPRD Padang.

“Hasil ini murni karena kinerja caleg di lapangan yang tanpa lelah meyakinkan masyarakat untuk memilih kami duduk di DPRD Padang,” kata dia.

Terkait efek Prabowo-Sandi, ia mengakui ada imbas terhadap capaian suara partai namun tidak besar karena posisi Partai Berkarya hanya sebagai pengusung pasangan Prabowo-Sandi.

“Kita merupakan partai baru dan hanya sebagai pengusung. Keberhasilan ini memang murni kinerja kader di Lapangan,” kata dia.

Di daerah pemilihan Padang II Kecamatan Kuranji dan Pauh, Partai Berkarya berhasil meraup suara sebanyak 4.250 suara. Mereka menjadi partai ketujuh peraih terbanyak di dapil tersebut. Partai berkarya mampu mengamankan satu kursi dari 10 kursi yang diperebutkan di partai tersebut dan Partai Gerindra menjadi partai terbanyak mengumpulkan suara di dapil tersebut dengan 24.211 suara

Sementara caleg peraih suara terbanyak di Partai Berkarya di daerah pemilihan padang II adalah Zalmadi dengan jumlah suara sebanyak 1.681

Sedangkan di dapil Padang IV Padang Timur dan Padang Selatan, Partai Berkarya mampu meraup suara sebanyak 4.824 suara. Partai berlambang pohon beringin tersebut berhasil menjadi partai keenam peraih suara terbanyak di daerah pemilihan tersebut, Partai Amanat Nasional dengan 12.417 suara.

Caleg Partai Berkarya yang paling banyak mendapatkan suara di daerah pemilihan tersebut adalah Helmi Moesim dengan jumlah suara sebanyak 2.934 suara.

Ketua KPU Padang M Sawati mengatakan pihaknya telah melakukan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di kota tersebut sejak Rabu (1/5) hingga 7 Mei 2019.

“Kita telah menetapkan hasil penghitungan suara baik pemilu presiden maupun pemilu legislatif dan saat ini data tersebut kita kirimkan ke provinsi,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019