Generasi muda perlu diberikan wadah untuk belajar agama agar memiliki kesalihan sosial. 
Kediri (ANTARA) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak generasi muda untuk senang mengunjungi masjid, terlebih lagi di bulan suci Ramadhan seperti saat ini.

Abdullah Abu Bakar di Kediri, Jumat (17/5)  saat safari di Masjid Al Khalid Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota, Kediri,  mengemukakan bahwa generasi muda perlu diberikan wadah untuk belajar agama agar memiliki kesalihan sosial. 

"Semoga dengan adanya Masjid Al-Khalid ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan bisa menjadikan masyarakat Kota Kediri khususnya masyarakat yang ada di Kelurahan Semampir menjadi masyarakat yang sholeh dan sholehah, baik orang dewasa-nya maupun generasi muda penerus bangsa," kata dia.

Mas Abu menambahkan masjid memang harus sering dikunjungi. Masjid membawa keteduhan bagi orang-orang yang berkunjung terbukti mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang merasa betah berlama-lama di masjid ini untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif tentang keagamaan.

Di Masjid ini, beragam kegiatan rutin dilaksanakan seperti setiap Jumat ada makan bersama, buka bersama di bulan Ramadhan, setiap satu pekan sekali membagikan bahan pokok untuk warga kurang mampu di sekitar dan berbagai program sebagainya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Kediri ini menyatakan bahwa generasi muda penerus bangsa ini juga harus diberikan wadah untuk belajar agama seperti di TPA/TPQ agar bisa mencegah anak dari dampak buruk globalisasi seperti kenakalan remaja, narkoba, hingga pergaulan bebas.

Dengan dimasukkannya anak di TPA/TPQ diharapkan dapat menjadikan anak memiliki tingkat kesalihan sosial yang baik. Selain itu TPA/TPQ ini bisa menjadi tempat revolusi mental agar generasi penerus memiliki mental yang kuat dan integritas yang baik.

"Saya senang sekali di masjid ini juga ada TPA/TPQ nya jadi anak muda diberikan wadah untuk belajar agama karena TPA/TPQ ini adalah salah satu unsur yang dapat mensalihkan orang atau tempat untuk revolusi mental agar generasi penerus dapat bermental baik, integritas baik dan kesalihan sosialnya juga baik," kata Mas Abu, sapaan akrabnya.

Dirinya menambahkan selain anak muda yang harus diberikan wadah untuk belajar agama, para ibu-ibu di bulan Ramadhan ini juga diimbau untuk tidak belanja berlebihan. Jika berbelanja diharapkan sesuai dengan kebutuhan.

Pemerintah Kota Kediri juga memberikan dana hibah untuk masjid dan pokmas. Beberapa yang mendapatkan misalnya di Masjid Baitussalam Ngadirejo, Pokmas Darussalam Ngadirejo, Pokmas Melati Ngadirejo, Takmir Mushola An-Nur Balowerti, dan Pokmas Anggrek Balowerti. 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019