Banda Aceh (ANTARA) - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan atau ASDP (Persero) menambahkan frekuensi penyeberangan dua trip menjadi trip per hari pada rute pelayaran domestik dari, Pelabuhan Balohan, Sabang tujuan Pelabuhan Ulee-lheue, Banda Aceh.

"Mulai hari ini kami sudah melayani tiga trip pulang pergi dari Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya," kata Supervisi Lintas, PT ASDP Indonesia Ferry Perwakilan Sabang, Husaini di Pelabuhan Ulee-lheue, Banda Aceh, Jumat.

Jadwal penyeberangan kapal roll on – roll off (Ro-Ro) yang dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dari, Pelabuhan Balohan, Sabang, dan Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh masing-masing melayani tiga trip yakni, Trip I pukul 07:30 Wib dan Trip II pukul 10:30 Wib dan trip ke tiga pukul 14:30 Wib.

Hari ini belum ada lonjakan arus mudik lebaran Idul Fitri, cuma kenderaan pribadi saja itu pun dari Sabang , sedangkan dari Banda Aceh masih normal, hanya truk yang membawa barang bangunan," ujar Husaini.

Ada pun kapal ferry yang melayani penyeberangan dari, Sabang - Banda Aceh dan sebaliknya yakni, KMP BRR dan KMP Tanjung Burang.

KMP BRR berukan 911 grose tonnage (GT) menampung penumpang sebanyak 450 orang dengan muatan mobil campuran 25 unit serta 100 unit motor itu beroperasi melayani penumpang dan barang dari Banda Aceh ke Sabang, pascatsunami menghantam perairan Aceh pada 26 Desember 2004.

Sedangkan, KMP Tanjung Burang yang berukuran 507 grose tonnage (GT) hanya mampu mengangkut penumpang sebanyak 200 orang dan mobil campuran 15 unit, ditambah sepeda motor roda dua 50 unit.

Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh sebelumnya meminta penyedia jasa pelayaran dari, Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya untuk menambah frekuensi penyeberangan di jalur tersebut menjelang peningkatan arus mudik Lebaran 1440 Hijriyah.

"Penyedia pelayaran harus mempersiapkan diri dalam rangka mudik Lebaran dan jika perlu kita minta frekuensinya ditambah," kata Wakil Wali Kota Sabang, Suradji Junus.

Suradji berharap, menjelang Idul Fitri 1440 Hijriyah penyedia jasa penyeberangan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada setiap penumpang.

"Yang pasti kami akan terus berkoordinasi dengan para pihak agar tidak ada penumpang yang tertinggal," ujarnya.

Baca juga: Enam kapal layani pemudik dan lonjakan wisatawan di Sabang

Baca juga: Basarnas siagakan 92 personel untuk operasi lebaran di Aceh

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019