Ibu bilang nanti kita pakai di rumah sakit pada saat Lebaran
Jakarta (ANTARA) - Keluarga Presiden Keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) termasuk kedua putra dan menantu serta cucu-cucu mengenakan busana batik berwarna hitam bergambar burung phoenix saat berziarah ke makam Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan, Rabu.

SBY dan kedua putranya, Agus Harimurti Yudhyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) beserta dua cucu laki-laki mengenakan batik yang juga disebut bermotif sawunggaling sebagai kemeja dan melengkapi penampilannya dengan celana bahan hitam.

SBY, AHY dan Ibas juga kompak mengenakan kacamata hitam beserta peci hitam (kecuali Ibas)

Sementara itu, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa mengenakan busana atasan putih gading dan batik bermotif phoenix sebagai bawahan.

Putri bungsu Aliya Rajasa dan Ibas, Gayatri Idalia Yudhoyono juga mengenakan batik serupa namun dalam bentuk dress selutut tanpa lengan.

Hanya, Almira Tunggadewi Yudhoyono yang saat itu tak memakai busana yang sebenarnya sama seperti yang keluarga SBY kenakan saat mengantarkan jenazah Bu Ani ke tempat peristirahatannya yang terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta pada Minggu (2/6) lalu.

SBY dan keluarga tiba di TMP Kalibata, Rabu sekitar pukul 10.45 WIB.

Sesaat setelah mendekati pusara sang istri, SBY menyempatkan diri menyapa para pelayat yang sudah lebih dulu hadir. Dia juga mengucapkan selamat Lebaran kepada mereka.

"Rekan-rekan minnal aidzin walfaidzin. Mohon maaf lahir dan batin," kata dia.

SBY lalu menjelaskan sedikit cerita menyoal batik yang dia dan keluarga kenakan saat itu yang merupakan pilihan mendiang Bu Ani.

"Warna pilihan ibu, ingin nuansanya hitam. Ibu bilang nanti kita pakai di rumah sakit pada saat Lebaran. Ternyata dipakai ibu (untuk menutupi jenazahnya). Maksudnya pakai batik di rumah sakit ya itu. Kami enggak tahu maksudnya almarhumah," ujar SBY.

Sebelumnya, hal senada juga sempat Annisa Pohan ungkapkan. Menurut dia, busana ini pilihan mendiang Bu Ani dan memang hendak dipakai di hari Lebaran.

Tahun lalu dia memilihkan warna biru, sementara dua tahun lalu Bu Ani memilih warna ungu.



Baca juga: Tanpa Ani Yudhoyono, ada hal berbeda di keluarga SBY saat Lebaran
Baca juga: Usai sholat Ied, dikabarkan SBY ziarah ke TMP Kalibata

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019