Tarakan (ANTARA) - Penumpang KM Lambelu dilaporkan lompat ke laut saat berada di perairan Pulau Bunyu Kota Tarakan Kalimantan Utara pada Senin  sekira pukul 08.48 WITA.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Kaltim-Kaltara, Octavianto dari Balikpapan, Senin sore menyebutkan, laporan yang diterima dinyatakan A1 setelah Pos SAR Tarakan mendapatkan berita acara kecelakaan pelayaran dari PT Pelni setempat sekira pukul 12.44 WITA.

Lokasi kejadian diperkirakan pada jarak 41,67 nautical mile (NM) radial arah Timur Timur Laut (TTL) dari Pos Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Tarakan.

Adapun koordinatnya N 03° 36'992 E 118°12'343. Setelah memastikan kebenaran kejadian tim pencarian menuju lokasi kejadian pada pukul 13.02 WITA.

Namun kata Octavianto, identitas korban tidak diketahui termasuk saksi mata yang melihatnya terjun ke laut.

Berdasarkan keterangan dari saksi mata Kamal (66) asal Kabupaten Maros Sulsel dan Samsudding (34) beralamat Tarakan diperkirakan korban berusia 40 tahun.

Mengenakan baju warna hitam, celana warna gelap dan pakai peci.

Pada saat kejadian, kata Octavianto, KM Lambelu bertolak dari Kabupaten Nunukan tujuan Balikpapan.

Pada saat dalam perjalanan, sesuai saksi mata, korban lompat dari atas kanopi dek tujuh kapal.

Setelah dilakukan pencarian dengan mengelilingi lokasi kejadian sebanyak lima kali oleh tim pencarian dan kapal milik PT Pelni tersebut belum berhasil ditemukan.

Akhirnya KM Lambelu meneruskan pelayaran. Selanjutnya tim SAR melanjutkan pencarian dengan menggunakan peralatannya.

Pewarta: Rusman
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019